» » Koramil Siap Sukseskan Swasembada Pangan


Danramil 0110 Labuan, Kapten INF A. Gunawan (tengah) saat sosialisasi peran TNI dalam mensukseskan program swasembada pangan di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan, Kamis (06/08/2015)

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Koramil Komando Rayon Militer (Koramil) 0110 Labuan, Kabupaten Pandeglang, menggelar sosialisasi peran TNI dalam mensukseskan program swasembada pangan ke Kelompok Tani (Poktan) di Kecamatan Labuan dan Carita. Acara yang dihadiri puluhan Poktan ini digelar di Kantor Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan, Kamis (06/08/2015).

Danramil 0110 Labuan, Kapten INF A. Gunawan mengatakan, sosialisasi ini bermaksud untuk memberikan pemahaman kepada para Poktan yang ada di Labuan dan Carita terkait keterlibatan TNI dalam swasembada pangan.

“Kita menjabarkan perintah Presiden dalam rangka meningkatkan swasembada pangan yang sudah di MOU-kan antara TNI dengan Menteri Pertanian. Kita dibawah melaksanakan perintah penjabaran itu. Konsekuesnsinya Babinsa harus bersinergi dengan para petani baik itu pengawasan hukum, bibit dan yang menyangkut pertanian itu harus betul-betul kita awasi supaya harus tepat sasaran dan tidak ada penyimpangan,” ungkapnya saat ditemui usai acara.

Danramil menjelaskan, jumlah Poktan yang ada di Kecamatan Labuan dan Carita sebanyak 82 Poktan dengan lahan area pertanian seluas 406 hektar di Labuan dan 1.080 hektar di Kecamatan Carita. Para petani sendiri, tambah dia, masih ada yang bertanya-tanya akan peran TNI dalam mensukseskan program swasembada pangan.

“Alhamdulillah setelah dijelaskan, Poktan juga betul-betul antusias dan merespon dengan baik, dan menyambut Babinsa di lapangan,” paparnya seraya menambahkan peran Babinsa untuk memaksimalkan hasil pertanian sudah dilakukan dengan berbagai upaya, diantaranya dengan pengadaan bantuan pompanisasi dan pengeboran tanah.

Sementara itu, Camat Carita, Marda menyambut baik adanya peran TNI dalam mensukseskan program swasembada pangan. Diharapkan, setelah adanya keterlibatan aparat TNI, target swasembada di Carita dan Kabupaten Pandeglang umumnya dapat tercapai.

“Kita berharap mereka (Poktan) bisa melakukan program tanam serentak, sehingga hasil panen juga bareng, dan produktifitas juga meningkat,” ucapnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply