» » Jelang Idul Adha, Distanak Cek Kesehatan Hewan Kurban


Kepala Seksi Kesehatan Hewan pada Distanak Kabupaten Pandeglang, Drh. Dyah Lukitaningsih.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1436 H, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Pandeglang, mengecek kesehatan hewan ternak yang dijual untuk dijadikan hewan kurban.

Kepala Seksi (Kasi) Kesehatan Hewan pada Distanak Kabupaten Pandeglang, Drh. Dyah Lukitaningsih mengatakan, tujuan dari pengecekan ini, untuk memastikan kesehatan dan kelayakan hewan kurban yang dijual di wilayah Kabupaten Pandeglang.

“Semenjak awal pekan ini, kami sudah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan. Pemeriksaan hewan ini dimulai sejak 14 sampai dengan 22 September 2015. Pemeriksaan kesehatan dilakukan kesejumlah pedagang yang tersebar di berbagai lapak yang ada di Pandeglang,” ungkapnya saat talkshow di Krakatau Radio, Kamis (17/09/2015).

Menurut Dyah, pemeriksaan hewan ini melibatkan pihak Pemerintah Daerah dan Dinas Peternakan Provinsi Banten. Hal ini dilakukan, karena keberadaan lapak para pedagang hewan ternak di Pandeglang yang jumlahnya relatif lebih banyak dari tahun sebelumnya.

“Dari 100 lapak kemungkinan hewan yang akan diperiksa oleh kami mencapai 1000 ekor diantaranya kambing, kerbau dan sapi. Belum lagi banyak juga hewan yang diambil dari beberapa daerah diluar Banten, seperti di Garut dan Bandung,” tambahnya.

Dyah menjelaskan, kurban yang layak untuk disembelih, harus berusia 2 tahun ke atas, dan pihaknya akan memastikan tentang kesehatan hewan yang akan diperjual belikan. Selain itu, pihak penjual hewan harus memiliki dokumen kesehatan hewan ternak yang ditandatangani oleh dokter hewan setempat.

“Sampai sejauh ini para masyarakat sudah sadar akan pentingnya kesehatan hewan, sehingga membantu pihak kami. Jadi sosialisasi yang kami lakukan tidak sia-sia,” ujarnya.

Sejauh ini, dari hasil pemeriksaan, pihaknya banyak menemukan hewan yang penyakit ringan seperti penyakit mata. Ketika ada temuan hewan yang terjangkit penyakit pihaknya langsung melakukan pengobatan. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply