» » Bupati: Musrenbang Bukan Sekedar Seremoni


Musrenbang di Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Senin (15/02/2016).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Erwan Kurtubi memastikan kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) bukan sekedar seremoni belaka. Hal ini ia utarakan menanggapi banyak komentar dari beberapa pihak yang menyatakan Musrenbang hanya sebatas seremoni yang sulit dijadikan rencana pembangunan daerah dari tingkat Desa, Kecamatan hingga Kabupaten pada tahun berikutnya.

“Musrenbang merupakan salah satu proses usulan pembangunan yang masuk ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab). Kalau dulu mungkin boleh (disebut seremoni), di tengah jalan ada anggota Dewan saat reses rubah rencana, kalau sekarang enggak," ujar Erwan.

Sementara, terkait Dana Dana (DD) yang digulirkan Pemerintah pusat ke Desa, menurut Erwan, tidak masuk pada rencana Musrenbang Kabupaten, sehingga langsung dapat dikelola dan rencanakan oleh Pemerintah Desa untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur, pendidikan, pertanian, dan lingkungan di Desa tersebut.

"Anggaran di Desa sudah jelas Rp 1,2 Miliar untuk pembangunan Desa," jelasnya.

Erwan menjelaskan, mekanisme pembangunan di Desa yang diamanatkan Presiden Joko Widodo menyebutkan, rencana pembangunan di Desa tidak mesti melalui proses tender, artinya bisa dilakukan dengan cara swakelola dengan catatan anggaran pembangunan tidak lebih di atas Rp 200 juta.

"Kalau ada lima rencana pembangunan kan itu hanya Rp 1 Miliar, sebab amanat Pak Presiden tidak melaui proses tender kalau dilakukan swakelola," pungkasnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply