» » Tips Tetap Sehat Meski Bekerja Seharian di Depan Komputer


VIVA.co.id - Bagi karyawan kantor, duduk seharian di depan monitor pasti sudah biasa. Meskipun sudah sering diperingatkan bahwa terlalu lama menatap layar komputer bisa berdampak negatif pada tubuh, sebagian karyawan enggan mengacuhkannya.
Padahal dampak penyakit yang dihasilkan tak hanya sakit punggung atau sakit leher saja, tapi juga gangguan penglihatan jika sudah terlalu lama membiasakannya. Untuk itu, agar dapat mengatasi gangguan tersebut namun tetap bekerja secara efektif ikuti lima tips ini seperti dikutip dari laman Laruno.com.
 
Sesuaikan posisi duduk
 
Sejajarkan posisi mata dengan layar monitor, jangan terlalu rendah atau tinggi. Sebab kalau posisi kepala Anda salah bisa berisiko sakit punggung dan leher. Begitu juga dengan monitor, agar kondisi kerja nyaman dan aman, letakkan benda tersebut pada posisi yang strategis dan sesuai dengan jarak mata. Selain itu, sesuaikan tinggi kursi kerja, agar posisi kepala sejajar dengan layar monitor.
 
Minum air putih
 
Mengisi cairan pada tubuh, selain bermanfaat untuk kesehatan dan memfokuskan pikiran, juga bisa mencegah risiko sakit punggung dan leher. Daripada hal tersebut terjadi pada Anda, sebaiknya rutin meminum banyak air. Dengan hal ini otomatis Anda lebih sering berkunjung ke pantry untuk mengisi ulang gelas. 
 
Dengan sering ke pantry, Anda juga menambah gerak tubuh dan tidak hanya duduk diam saja di meja. Untuk memaksimalkan jumlah cairan pada tubuh, upayakan untuk meminum air putih secara rutin. Karena kandungan pada air putih lebih murni dan bermanfaat ketimbang minuman lainnya yang mengandung rasa.
 
Menaiki tangga 
 
Cara ini tidak disarankan bagi Anda yang bekerja di gedung-gedung pencakar langit. Tapi jika kantor Anda berada di lantai yang tak terlalu tinggi, atau terletak di lantai dua atau tiga, untuk menuju ke kantor daripada menaiki lift, lebih baik manfaatkan tangga yang lebih banyak menggunakan gerak tubuh.
 
Lakukan peregangan
 
Pada menit-menit terakhir jam kerja, luangkanlah waktu untuk meregangkan otot-otot agar tubuh lebih segar. Karena terlalu lama mengetik di depan monitor bisa membuat lengan atas dan tulang kaki Anda menjadi kaku.
 
Banyak sekali cara untuk melakukan peregangan tubuh, contoh, tarik tangan kanan ke arah samping kiri tubuh lalu tekan bagian siku dengan tangan kiri, setelah itu tahan posisi tersebut sampai 10 detik.
 
Banyak berkedip
 
Terlalu lama menatap layar monitor dapat mengakibatkan mata kering, karena terangnya pixel pada monitor membuat mata terlalu responsif sehingga lupa untuk berkedip. Untuk itu, ketika fokus bekerja biasakanlah mengedipkan mata secara teratur.
 
Selain itu, terapkan juga aturan 20-20-20 saat menatap layar komputer. Atau dalam setiap 20 menit, alihkan pandangan mata ke tempat lain dengan jarak 20 kaki (sekitar 6 meter) dari posisi duduk, lalu tatap objek itu selama 20 detik. (ms)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply