» » Hadapi Arus Mudik, Dinkes Pandeglang Sediakan 44 Posko Kesehatan


Ilustrasi pos kesehatan.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sebanyak 44 posko kesehatan disiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang untuk menghadapi arus mudik Lebaran tahun 2016. Posko kesehatan tersebut akan berlangsung selama proses mudik dari H-7 sampai H+7 Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Indah Dinarsiani mengatakan, 44 posko kesehatan tersebut berada di 36 Puskesmas yang tersebar di seluruh Kecamatan yang merupakan posko siaga dan 7 posko tambahan. Sementara, 1 posko utama berada di kantor Dinkes setempat.

“Seluruh puskesmas yang ada, dijadikan sebagai Poskes keselamatan dalam arus mudik mendatang. Seluruh Poskes itu akan dibagi dalam 2 bagian yakni 20 puskesmas siaga 24 jam dan 16 sisanya sebagai posko jaga 24 jam. Artinya, yang siaga tidak stand by, namun ketika diperlukan untuk pelayanan akan melakukan pelayanan,” kata Indah.

Indah menjelaskan, 20 puskesmas yang akan bersiaga 24 jam mendatang diantaranya yakni puskesmas Karangtanjung, Mandalawangi, Labuan, Cimanuk, Kaduhejo, Cadasari, Cikeusik, Cigeulis, Cimanggu, Jiput, Cibaliung, dan Carita.

“Ini berlaku juga untuk hari lebaran, bahkan di hari lebaran, waktu jaga dibuat menjadi 3 bagian dan lebih ditingkatkan. Pastinya kami juga menyiapkan peralatan, ketenagaan dan obat-obatan. Jadwal piket akan mulai berlaku pada tanggal 27 Juni mendatang terpampang di seluruh puskesmas,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinkes Pandeglang, Didi Mulyadi mengatakan, selain puluhan Poskes di puskesmas, Dinkes juga menyiapkan 7 Poskes tambahan dan 1 Poskes kendali yang akan dipusatkan di kantor Dinkes Pandeglang.

“Sementara 7 Poskes tambahan yang bakal disiagakan, menyasar wilayah yang rawan dengan kepadatan arus lalu lintas yang dilalui pemudik. Itu diantaranya terletak di alun-alun, Mengger, Tarogong, Cikedal, Jalan AMD Kadomas, dan Carita. Semua jalur yang padat lalu lintas, sudah kami siapkan Poskes tambahan,” ujarnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply