» » Longsor dan Banjir Bandang Hantam Carita



Lumpur yang menggenangi jalan yang mengubungkan Kecamatan Carita dengan Kecamatan Labuan, Senin (25/07/2016). Foto diambil didepan hotel Lippo Carita.

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Bencana longsor disusul banjir bandang menerjang Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Minggu (24/07/2016) sekitar pukul 22.00 WIB.

Banjir bandang ini diakibatkan adanya longsor di gunung asuepan, di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Banten, di Kecamatan Carita yang terbawa air hujan dan mengakibatkan banjir lumpur yang menerjang jalur pariwisata kurang lebih 1 kilometer tepatnya di depan Hotel Wira sampai dengan Hotel Lippo Carita.

Adapun banjir bandang ini berasal dari luapan arus sungai yang mengalir di jembatan kecil di jalur pariwisata tepatnya di depan hotel Lippo Carita yang menuju ke arah laut lepas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, banjir bandang ini menerjang sekira pukul 22.00 WIB dan membuat akses jalur menjadi terhambat.

“Akibatnya ruas jalan pariwisata ini tertutup material lumpur. Kita turunkan sebanyak 4 alat berat untuk membersihkan lumpur dan sampah. Mudah-mudahan hari ini jalur sudah kembali normal,” ujarnya saat ditemui dilokasi.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Kasti mengakui baru kali ini Kecamatan Carita dilanda musibah banjir bandang. Menurut dia, musibah ini merupakan peringatan untuk warga Kecamatan Carita dari sang maha kuasa.

“Baru kali ini kejadian ini terjadi. Saya orang asli disini, sekarang umurnya 50 tahun. Tapi baru kali ini ada kaya gini. Peringatan bagi kita semua,” katanya saat membersihkan material lumpur dihalaman rumahnya.

(Baca: 4 orang Tewas Dalam Mobil Saat Banjir Bandang Carita) 

Berdasarkan pantauan, kejadian banjir bandang ini langsung dipantau oleh Kapolda Banten, Brigadir Jenderal Ahmad Dofiri, Bupati Pandeglang, Irna Narulita, Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban, dan pihak terkait lainnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply