» » Efek Mengejutkan Operasi Amandel dan Usus Buntu

KOMPAS.com - Operasi amandel dan juga radang usus buntu sebenarnya merupakan operasi yang banyak dilakukan, terutama pada anak dan orang muda.

Meski termasuk operasi ringan, tetapi baik prosedur operasi amandel dan radang usus buntu memiliki efek samping mengejutkan.

Dalam studi yang dimuat dalam jurnal Fertility and Sterility, disebutkan bahwa kedua prosedur itu berpengaruh pada kesuburan. Penelitian dilakukan dengan menganalisa data medis lebih dari setengah juta wanita Inggris antara tahun 1987 dan 2012.

Hasil analisanya menarik. Wanita yang sudah menjalani operasi usus buntu, amandel, atau keduanya, memiliki angka kehamilan yang lebih rendah.

Walau begitu, jangan takut untuk menjalani operasi tersebut. Radang usus buntu yang tidak segera diobati bisa menyebabkan infeksi dan abses yang sangat berbahaya.

Sedangkan radang amandel dan radang tenggorokan yang berulang juga sebaiknya dioperasi.

Gejala radang amandel antara lain demam, sulit menelan, dan pembengkakan kelenjar di leher. Terkadang, pembengkakan itu bisa sembuh sendiri, atau pun memerlukan antibiotik.

Operasi amandel juga seringkali bisa mengatasi gangguan kesehatan lain, misalnya sulit bernapas akibat pembengkakan tonsil, suara mengorok, perdarahan di tonsil, serta kesulita mengunyah.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply