» » Pasca Banjir Bandang, Tingkat Kunjungan Wisatawan ke Carita Menurun



Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten, Opar Sohari.

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Pasca bencana banjir bandang yang melanda Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang pada Minggu (24/07/2016), tingkat hunian dan kunjungan wisatawan ke pantai Carita mengalami penurunan.

Humas Persatuan Hotel dan Restaurant Indonesia (PHRI) Kabupaten Pandeglang, Franky mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan mengalami penurunan sebesar 10 sampai 15 persen.

“Kalo domestik saya pikir 10 sampai 15 persen ya penurunan, karena isu santer media terlalu kental banget, sehingga mengakibatkan pergeseran okupansi ya. Pergeseran nilai hunian,” ujarnya saat ditemui disela-sela kegiatan membersihkan pantai di Carita, Kamis (04/08/2016).

Franky menyebut, kunjungan wisatawan ke pantai terbuka di Carita juga sempat mengalami penurunan. Namun, dengan adanya aksi bersih-bersih pantai yang dilakukan lintas instansi, pihaknya menyakini pariwisata di Carita akan pulih kembali.

“Pantai-pantai umum sama juga. Ada sebuah penurunan kunjungan ya, kalau di Carita saya pikir kalau lokal itu Jabodetabek ya, ada sebuah penurunan 10 sampai 15 persen, dan hari ini mulai bergeliat banyak stakeholder-stakeholder yang ikut berkecimpung sehingga mengakibatkan Carita ingin lebih giat lagi bahwa ternyata di Carita tidak ada bencana yang luar biasa, itu cuma sebuah peringatan dari Tuhan bahwa kita mesti sadar dengan lingkungan,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Banten, Opar Sohari menyebut, kekurangan pengunjung wisata tidak akan terlalu berdampak besar terhadap kondisi pariwisata di Carita.

“Ya kalau secara tidak langsung, tapi saya lihat tidak lah. Kalau ada kurang ya kurang lah. Karena maka dari itu kita meminta kepada media untuk tidak selalu menggembar gemborkan. Jadi sebetulnya gak ada. Kita sudah siap lagi untuk menerima tamu,” ujar dia.

Opar mengatakan, kedepan pihaknya akan gencar melakukan promosi terkait keberadaan dan potensi wisata yang ada di Provinsi Banten sehingga kunjungan wisatawan akan kembali normal.

“Kita promosi. Sebetulnya kejadian kemarin itu kita sudah pulih kembali, dalam waktu mungkin 2 hari sudah kembali normal,” imbuhnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply