» » Selama 5 Hari, Banten Diprediksi Hujan Lebat



Ilustrasi angin kencang dan cuaca buruk.

KRAKATAURADIO.COM, BANTEN - Selama kurang lebih sepekan, terhitung sejak Sabtu (26/11/2016) sampai dengan Kamis (01/12/2016), Provinsi Banten dan sekitarnya diprediksi akan mengalami hujan lebat disertai angin kencang dan kilat.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melalui keterangan tertulis kepada Krakatau Radio menjelaskan, dari pantauan kondisi atmosfer terkini terdapat siklon tropis di laut Cina Selatan sebelah Barat Filipina dan beberapa indikasi munculnya potensi hujan lebat berdurasi cukup lama disertai kilat/petir dan angin kencang di sekitar wilayah Indonesia dalam periode satu minggu ke depan.

Dalam keterangan tersebut, beberapa wilayah yang akan terkena dampak hujan lebat antara lain Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jabodetabek dan Jawa Barat bagian barat dan selatan.

Kepala BMKG Klas 1 Serang, Parmin, menghimbau kepada masyarakat agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan jalan licin.

“Siklon tropis berdampak meningkatkan ketinggian gelombang laut antara 1,25  sampai 2.5 meter di wilayah Laut Cina Selatan sebelah Utara Natuna. Karena itu kami harapkan semuanya sudah mulai dan terus waspada,” ujar Parmin.

Kepada pemerintah, Parmin berharap agar tetap siaga untuk mengantisipasi kondisi cuaca dan segala kemungkinan yang akan terjadi.

“BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) dan lembaga lain terkait saya harapkan sudah menyiapkan segalanya untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi,” katanya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply