» » Cara Mudah Mengenali Kelebihan dan Bakat Kita

Sebagai karyawan dengan karier yang sulit berkembang, mungkin kita sering memimpikan memiliki bisnis sendiri yang sukses. Menurut para pakar, dibutuhkan bakat agar apa yang kita kerjakan sukses dan mendatangkan bahagia.
Masalahnya, Anda sendiri sering bingung jika ditanya apa kelebihan atau bakat yang dimiliki. Kalau sudah begini, biasanya kita pun akan merasa tidak percaya diri untuk melangkah.

Anda tidak sendirian. Ada banyak orang yang juga merasa tidak tahu bakatnya. Bahkan mereka yang sudah berhasil mengubah bakatnya menjadi sumber penghasilan pun pada satu titik juga merasakannya. Bedanya, mereka dengan cepat mengenali apa kelebihannya.

Menurut Tiara Puspita, psikolog, ada banyak cara mengetahui bakat kita, salah satunya dari prestasi yang kita miliki pada satu bidang tertentu.
"Bagaimana kalau kita tidak berprestasi? Coba amati apa pujian orang terhadap kita. Misalnya kita menganggap diri kita biasa saja, tapi orang sering mengatakan kita ini penolong, atau murah hati, dan rajin," kata psikolog klinis dewasa dari lembaga Tiga Generasi ini.

Bakat memang tidak harus berupa keterampilan melakukan suatu hal, terkadang kemampuan membuat orang lain tertawa juga merupakan bakat. Intinya, bakat adalah apa yang dengan mudah kita lakukan sejak kita lahir.

Bila orang menganggap Anda sebagai orang yang gampang memecahkan masalah dan pintar di bidang matematika, kemungkinan bakat Anda adalah bekerja di bidang yang berkaitan dengan angka. Kita juga bisa mengenali kelebihan kita dari aktivitas kita di waktu luang atau hari libur. Misalnya saja Anda senang mengikuti kelas kerajinan tangan atau komunitas fotografi.

Sesuatu yang membuat Anda merasa bahagia saat melakukannya dan hasilnya lebih baik dari orang lain bisa jadi merupakan bakat Anda. Tiara menambahkan, dengan mengetahui apa yang jadi kelebihan kita akan lebih mudah mengembangkannya. Kita juga akan lebih berani mencoba hal-hal baru.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply