» » Agar Rambut Si Kecil Tebal Berkilau, Tipsnya Ternyata Mudah

Cara merawat rambut si kecil memang berbeda dengan merawat rambut dewasa. Sebab rambut anak-anak lebih lembut dan tipis. Kemudian pada usia enam bulan rambut akan mengalami kerontokan karena akan berganti rambut dewasa, biasanya dialami pada usia 6 bulan hingga 2 tahun.
"Bila rambut anak rontok pada usia tersebut jangan langsung khawatir karena sedang proses pergantian rambut," ujar Dr. Caessar Pronocitro dari KlikDokter, saat ditemui dalam acara playdate with Zwitsal bersama Vemale.com di the Hook Restaurant, Jakarta.
Dr. Caessar menjelaskan ketebalan rambut biasanya didukung oleh faktor jenis kelamin, ras, serta status gizi. Serta, di usia 3-7 bulan rambut anak akan semakin menebal dan di usia 2 tahun, rambut sudah seperti rambut dewasa.Nah, Moms frekuensi mengeramas rambut anak juga tergantung pada aktivitas anak. Dr. Caessar menambahkan, biasanya rambut orang Asia cukup dua hari sekali mengeramasnya.
"Sebenarnya sesuai aktivitas, seperti habis berenang pasti harus membilas rambut. Tapi idealnya dua hari sekali, dengan menggunakan air hangat, agar lebih optimal dalam pembersihannya," tambahnya.
Langkah pertama dalam mengeramas rambut si kecil ialah basahi rambut anak terlebih dahulu menggunakan air hangat, lalu gunakan shampo agar lebih  efektif. Setelah itu, pijat shampo dengan lembut ke kulit kepala, keringkan rambut dengan handuk namun jangan digosok, sisir dengan lembut jangan ditarik atau menggunakan sisir bergigi rapat.
Lalu, untuk bayi sebaiknya memilih shampo dengan pH netral sebab jika tidak maka akan membuat mata pedih. Tidak terlaku banyak mengandung bahan-bahan kimia seperti pengawet dan pewangi karena anak akan alergi.
"Idealnya zat tambahan pewangi pada shampo anak tidak berlebihan," tambahnya.
Agar anak tidak mengalami masalah pada rambut, hindari anak dari paparan debu dan polusi, kelenjar keringat bisa membuat rambut lembab dan membuat iritasi pada kulit kepala. Untuk itu Moms harus membersihkan rambut si kecil secara teratur. Misalnya jika anak mulai berkeringat segera keringkan dengan handuk yang halus, jika anak sedang bermain di luar ruangan usahakan menggunakan topi untuk melindunginya dari paparan sinar matahari.
Nah, itu tadi sejumlah tips yang bisa Moms ikuti untuk membuat rambut si kecil selalu sehat, tebal, dan hitam berkilau. Semoga infonya bermanfaat.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply