» » Pedagang Bendera Merah Putih Mulai Bermunculan



Pedagang bendera musiman di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Tiga pekan menjelang perayaan HUT RI yang ke 72 pada 17 Agustus 2017 mendatang, para pedagang atribut musiman tampak mulai bermunculan di berbagai titik di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Seperti halnya yang terlihat di pinggir kantor Kecamatan Labuan, tepatnya di seberang gedung Puskesmas Labuan, juga sudah nampak pedagang bendera yang memajang dagangannya.

Salah seorang pedagang, Roni mengatakan, ia sudah beberapa hari belakangan tiba di Pandeglang bersama dengan rekannya untuk menjual berbagai atribut itu. Meski belum sepenuhnya ramai, namun ia mengaku para pembeli telah mulai berdatangan.

“Dari pengalaman setiap tahun, para pembeli akan mulai ramai sejak memasuki awal bulan Agustus hingga sesaat menjelang tanggal 17 Agustus,” jelasnya ketika ditemui, Selasa (25/07).

Mayoritas dari pedagang ini berasal dari Kabupaten Garut, Jawa Barat. Mereka mengaku setiap tahunnya mendatangi berbagai daerah di Jawa Barat maupun di Banten untuk menjual beragam jenis atribut, mulai bendera merah putih, umbul-umbul, bendera ukuran kecil dan background yang banyak digunakan oleh masyarakat umum, perusahaan swasta, maupun instansi pemerintahan.

Ia membeberkan, untuk jenis bendera merah putih ukuran kecil dipatok dengan harga Rp 10.000 sampai Rp 30.000 per lembar. Sedangkan untuk umbul-umbul Rp 40.000-Rp 60.000, dan bendera yang memakai background ukuran 10 meter dijual dengan kisaran harga antara Rp 200.000 - Rp 400.000 tergantung kualitas bahan dasarnya.

Dari hasil penjualan selama sekitar satu bulan tersebut, tak tanggung-tanggung seorang pedagang mampu meraup omzet mulai jutaan hingga belasan juta rupiah.

“Kami datang ke Pandeglang bersama teman teman asal Garut lain sebelum perayaan Agustus setiap tahunnya hanya khusus untuk menjual atribut,” papar dia.

Sementara itu, salah satu pembeli, Tomi mengaku setiap tahunnya membeli bendera dan umbul-umbul untuk menyemarakkan perayaan HUT Kemerdekaan RI. Selain membeli bendera untuk dikibarkan di rumah, ia mengaku tengah mencari umbul-umbul untuk kelak di pasang di lingkungan tempat tinggalnya.

“Ya untuk memeriahkan sekaligus menghormati peringatan kemerdekaan,” kata dia. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply