» » MAKANAN YANG HARUS DI HINDARI BAGI PENDERITA ASAM URAT

Asam urat merupakan sisa dari metabolisme pada zat purin yang asalnya dari makanan yang telah dikonsumsi oleh tubuh. Apa itu purin? Purin yaitu zat yang asalnya dari makhluk hidup yang ada didalam setiap bahan makanan. Sehingga jika kita mengkonsumsi makanan seperti contohnya daging ayam maka purin yang ada didalam ayam tersebut akan termakan dan masuk kedalam tubuh manusia. Purin terdapat juga pada tumbuhan tidak hanya pada makanan berjenis daging saja.
Dalam keadaan yang normal pada tubuh seseorang, jika seseorang tersebut mengkonsumsi purin maka asam urat hasil sisa metabolisme tersebut akan dikeluarkan oleh tubuh melalui kotoran atau urine. Jika asam urat masuk secara berlebihan maka ginjal seseorang tidak mampu dalam mengeluarkan asam urat tersebut. Selanjutnya pada persendian akan menyebabkan bengkak dikarenakan asam urat berkumpul pada persendian tersebut sehingga penderita asam urat biasanya akan mengalami nyeri dan bahkan sulit untuk berjalan.Gejala Awal Asam Urat
Gejala awal atau ciri-ciri penyakit asam urat yang biasanya muncul pada seseorang ini antara lain:
1. Persendian terasa ngilu, nyeri, kesemutan, linu bahkan hingga sampai bengkah dan kemerahan dikarenakan asam urat sudah mulai meradang.
2. Nyeri pada persendian yang terjadi pada pagi hari ketika bangun tidur atau pada malam hari bisa saja merupakan gejala asam urat.
3. Nyeri pada persendian yang terjadi secara berulang-ulang.
4. Nyeri terasa di persendian kaki, tangan, tumit, serta siku.
5. Jika nyeri yang dirasakan sudah begitu sakit biasanya si penderita menjadi kesulitan untuk bergerak.
Untuk mengetahui lebih pasti tentang Gejala Penyakit Asam Urat, alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter atau tes laboratorium untuk mengukur kadar asam urat penderita. Normalnya, kadar asam urat untuk pria berkisar antara 3,5 hingga 7 mg/dl sedangkan kadar asam urat untuk wanita berkisar antara 2,6 hingga 6 mg/dl. Biasanya untuk penderita penyakit asam urat memiliki kecenderungan untuk memiliki penyakit lainnya seperti hipertensi, ginjal, dan juga diabetes jika tidak ditangani sesegera mungkin.
Penyebab Asam Urat
Asam urat disebabkan oleh adanya kristal asam urat yang menumpuk pada jaringan ikat, yaitu ruang yang berada antara dua tulang atau yang berada dalam tulang itu sendiri. Asam urat kemudian akan berkumpul dan mengkristal pada persendian yang selanjutnya mengakibatkan tanda-tanda dan gejala peradangan dan juga pembengkakan atau dalam istilah medisnya asam urat yang terlalu banyak pada aliran darah disebut juga dengan hyperuricemia. Adapun penyebab dari munculnya penyakit ini antara lain:
1. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sehingga menyebabkan kandungan purin berubah menjadi asam urat ketika tubuh mengalami metabolisme.
2. Kondisi ginjal yang tidak mampu membuang kelebihan asam urat dikarenakan terlalu banyaknya zat purin yang masuk ke dalam tubuh.
3. Terlalu banyaknya kristal asam urat yang menumpuk di persendian sehingga hal ini menyebabkan nyeri, linu, membengkak, panas, kaku, serta meradang pada bagian persendian.
Sakit linu-linu atau nyeri pada sendi bisa diakibatkan oleh kadar asam urat yang tinggi. Namun sakit pada otot atau sendi juga tak selalu disebabkan karena asam urat. Untuk menentukan apakah sakit-sakit pada otot yang Anda alami adalah asam urat, sebaiknya diketahui melalui cek medis. Advertisement Gout adalah salah satu jenis arthritis yang sangat menyakitkan, yang bisa mempengaruhi satu atau lebih sendi(biasanya terjadi pada kaki).
Hal umumnya diobati dengan jalan mengkonsumsi obat anti inflamasi dan penghilang rasa sakit. Makanan tertentu bisa memicu serangan Gout, dan bisa memberikan dampak pada gejala secara signifikan. Purin , Asam Urat , dan Gout Gout terjadi ketika kelebihan asam urat mengkristal dan menumpuk pada sendi. Asam urat dalam kadar yang normal akan berfungsi sebagai antioksidan dan melindungi lapisan pembuluh darah kita.
Namun kadar asam urat yang tinggi (diatas 4) dalam tubuh kita, justru akan ikut merusak pembuluh darah kita bersama dengan oksidan. Jadi resiko adam urat tinggi tak hanya sakit karena Gout, juga bisa memicu penyakit stroke dan jantung. Asam urat diproduksi dari pemecahan zat organik yang ditemukan dalam makanan yang disebut dengan purin. Purin ditemukan dalam seluruh jenis makanan, baik hewani maupun nabati. Namun ada makanan yang rendah purin, serta makanan yang tinggi purin.
Berikut Makanan Yang harus dihindari atau dibatasi oleh penderita asam urat Kunci diet gout atau asam urat adalah menghindari beberapa jenis makanan yang tinggi purin, serta pola makan yang cukup dan sehat.
Organ hewan (jerohan), dan Daging Purin tebanyak ditemukan dalam jerohan hewan, seperti hati, ginjal , otak, lidah, dan babat, sehingga semua jenis jerohan harus benar-benar dihindari. Daging hewan juga mengandung purin, namun dalam kadar lebih rendah daripada jerohan. Jadi sebaiknya membatasi asupan semua jenis daging hingga empat ons per hari, termasuk daging babi, ayam, bebek, angsa, ham, kelinci, domba, kalkun, dan sapi. Kadar Purin tinggi juga ditemukan dalam makanan produk hewani lainnya, seperti saus, kaldu, dan sup ayam. Makanan berkaldu seperti bakso dan soto bisa termasuk makanan berkaldu dan tinggi purin, sehingga harus dibatasi untuk penderita asam urat tinggi. Ikan dan Seafood Beberapa ikan dan seafood lainnya juga merupakan sumber purin tinggi.
Makanan terburuk bagi penderita gout adalah kerang, ikan sarden, ikan teri, ikan asin, dan mackerel. Ikan lainnya yang cukup tinggi purin seperti tuna, ikan mas, ikan kod, salmon, kakap, dan ikan trout. Makanan laut lainnya seperti kerang, lobster, kepiting, dan udang, juga mengandung tingkat tinggi purin, dan harus dikonsumsi dalam jumlah sedikit. Biji-bijian dan kacang-kacangan Terutama kacang tanah adalah makanan dari kacang-kacangan yang paling tinggi purin. Belinjo juga merupakan makanan tinggi purin, dan harus dihindari. Biji-bijian seperti roti gandum dan sereal juga memiliki kandungan purin tinggi, daripada biji-bijian olahan. Nasi putih lebih baik untuk membatasi asupan purin, daripada makan gandum. Batasi makan-makanan yang berasal dari kacang-kacangan.
Makanan olahan Makanan yang diolah dengan cara dikeringkan juga tak baik bagi asam urat tinggi. Hindari makanan yang digoreng, dioven atau dipanggang. Karena makanan seperti ini akan semakin sedikit kadar airnya, dan konsentrasi purinnya semakin tinggi. Juga, makanan yang dikeringkan akan cenderung mengajak kita untuk makan lebih banyak. Gula Gula sebenarnya rendah purin, namun makanan tinggi gula terkait dengan kondisi lain yang dapat memperburuk gejala gout, seperti obesitas dan diabetes.
Jika Anda perlu makanan manis, pilihlah buah-buahan segar. Sementara beberapa buah memiliki jumlah gula alami, mereka juga banyak mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk serat. Makanan fermentasi (peragenan) Bir adalah termasuk minuman fermentasi, dan mengandung purin sangat tinggi. Sementara minuman beralkoh*l lainnya mungkin tidak mengandung purin sangat banyak, tetapi dapat meningkatkan produksi purin dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa minum bir selama serangan gout bisa meningkatkan intensitas gejala secara signifikan. Makanan lainnya yang diragi juga bisa mengandung purin yang tinggi.
Jadi makanan seperti tape singkong, tape ketan hitam disarankan untuk dihindari bagi penderita asam urat. Sayuran tertentu Beberapa sayuran yang dikenal tinggi purin juga harus dibatasi, yaitu tidak lebih dari dua porsi ( 1 cangkir mentah atau 1/2 cangkir masak) per minggu. Diantaranya seperti : asparagus bunga kol lentil kacang panjang kacang polong bayam

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply