» » Penetapan Sekda Pandeglang Dinilai Lambat



Bupati Pandeglang, Irna Narulita.
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, dinilai lambat dalam menetapkan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif. Hal itu mengingat sampai dengan bulan Agustus ini, Bupati Pandeglang, Irna Narulita belum juga mengukuhkan siapa Sekda yang terpilih. Padahal, beberapa waktu lalu, Bupati menyampaikan, penetapan Sekda akan dilakukan di akhir bulan Juli kemarin.

Untuk diketahui, proses lelang sekda di Pandeglang sendiri sudah selesai, dan tiga nama yang lolos di seleksi Panitia Seleksi (Pansel) sudah diumumkan. Ketiga nama calon Sekda itu yakni Fery Hasanudin (Pj Sekda), Ali Fahmi Sumanta (Kepala BKD) dan Kurnia Satriawan (Kepala Bappeda).


Dosen Fisip UNMA Banten, Eko Supriyatno menilai, penetapan Sekda harus segera dilakukan. Menurut dia, jabatan Sekda ini penting untuk membantu tugas Bupati dan Wakil Bupati serta untuk menggerakkan roda pemerintahan.

“Proses lelang jabatan Sekda Pandeglang menurut saya amat sangat lambat. Kalau asmusi Pemkab kan adaptasi OPD, tapi gak begitu juga kan daerah lain begitu cepat,” kata dia kepada Krakatauradio.com, Rabu (02/08).

Eko menuturkan, terdapat beberapa hal mengapa penetapan Sekda menjadi lambat, diantaranya mengenai kesalahan strategi pemerintahan di Pandeglang.

“Saran saya, Bupati tidak serta merta mutasi sini situ, tetapi harus segera mengubah strategi orientasi kebijakan. Istilahnya the right man on the right place, the right man on the right job. Nah menurut saya bupati belum bisa hal itu, masih tahap adaptasi,” tambah dia.

Hal yang senada dikatakan Ketua Komisi I DPRD Pandeglang, Habibi Arafat. Ia berharap, Bupati segera memutuskan satu dari tiga nama yang akan menjabat sekda definitif.

“Proses itu kan sudah ditempuh. Pansel sudah bekerja profesional. Sekarang kan tinggal menunggu keputusan bupati. Kalau Bupati ingin cepet punya sekda definitif, segera melakukan kebijakan politiknya menetapkan. Ini tidak ada susahnya,” ujar dia.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita menjamin akan menetapkan Sekretaris daerah (Sekda) definitif Pemkab Pandeglang sekitar pertengahan Agustus.

Saat ini pihaknya mengaku belum menerima surat keputusan dari Gubernur Banten Wahidin Halim, terkait ketiga calon Sekda yang lulus uji tim panitia seleksi (Pansel) sekda.

“Pokoknya setelah turun pasti pelantikan segera. Doanya ya sambil merayakan HUT ke-72 Kemerdekaan Indonesia,” ucapnya seperti dikutip dari kabar-banten.com. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply