» » Ini yang Harus Diperhatikan Saat Masa Transisi Cuaca



KRAKATAURADIO.COM, BANTEN - Musim kemarau panjang yang terjadi dari awal tahun hingga bulan September tentunya akan menimbulkan masa transisi cuaca saat memasuki musim hujan yang diprediksi terjadi pada akhir Oktober.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk perlu memerhatikan beberapa karakteristik musim pancaroba atau musim transisi dari kemarau ke hujan.

Kepala BMKG Klas 1 Serang, Sugarin menjelaskan beberapa karakteristik tersebut. Misalnya, adanya kemungkinan turunnya hujan secara mendadak, tetapi bersifat lokal atau di wilayah tertentu dengan intensitas yang besar. Hal lain yang harus diwaspadai yaitu potensi angin yang kuat dan besar.

"Curah hujan ini kan tergantung dengan kondisi dinamika atmosfernya. Kalau memang disuatu daerah itu banyak terjadi pertumbuhan awan colomunimbus yang menimbulkan petir ya itu terjadi angin kencang," ujarnya.


Apalagi, tambah dia, angin kencang dimungkinkan terjadi di wilayah pesisir pantai. Untuk itu, ia mengingatkan bagi masyarakat yang tinggal di daerah dengan banyak pepohonan besar agar mulai mengurangi dahan atau ranting pohon.

"Itu cukup rawan terjadi mungkin pohon-pohon yang rawan tumbang, ini harus segera ditebang. Artinya kalau kena angin ini akan banyak korban," katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, BMKG memprediksikan bahwa musim penghujan untuk wilayah Banten dan sekitarnya akan masuk pada akhir Oktober nanti. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply