» » Antisipasi Banjir, KSB Bersama Warga Gotong Royong Bersihkan Kali


Warga di Kampung Cikayas, Desa Cikayas, Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang, kerja bakti membersihkan sampah di kali Cielor, beberapa hari lalu.

KRAKATAURADIO.COM, ANGSANA - Mengantisipasi bencana banjir tahunan, anggota Kampung Siaga Bencana (KSB) bersama ratusan warga di Kampung Cikayas, Desa Cikayas, Kecamatan Angsana, Kabupaten Pandeglang, menggelar kerja bakti membersihkan kali (sungai) Cielor yang mengalir dipertengahan kampung Cikayas, beberapa hari yang lalu.

Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kampung Cikayas, Beni Madsira menuturkan, kurang lebih sebanyak 600 warga turun untuk kerja bakti membersihkan sampah dan menggali permukaan yang dangkal di kali tersebut.

“Sampai saat ini masih aman, cuma karena kita melihat situasi hujan terus kita tetap siap siaga dalam kebencanaan. Seminggu yang lalu kita anggota KSB bersama masyarakat Desa Cikayas kerja bakti membersihkan alur sungai kali cielor yang ada ditengah-tengah perkampungan untuk membersihkan sampah dan menggali sungai yang dangkal,” ujar dia, Senin (27/11).

Anak-anak di Kampung Cikayas, Desa Cikayas, Kecamatan Angsana, antusias memungut sampah dari kali Cielor.
Beni menambahkan, kampungnya termasuk salah satu daerah yang rawan terkena bencana banjir. Apalagi pada akhir tahun lalu, banjir menggenangi salah satu kampung di Desa Cikayas selama empat hari empat malam.

“Di Desa Cikayas itu memang yang sering rawan banjir. Yang paling parah itu diakhir tahun kemarin, karena di Desa Keramatmanik itu sampai 4 hari 4 malam, di Desa Cikayas 2 hari 2 malam dan daerah yang tidak biasa kebanjiran itu juga kebanjiran,” tambah dia.

Untuk itu, dalam antisipasi bencana banjir tahun ini, pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Sosial agar menyiapkan perahu guna antisipasi bencana banjir. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply