» » Munggahan, Balawista Siaga Pantau Wisatawan


Personil Balawista Banten.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Tradisi masyarakat di Pandeglang yang melakukan munggahan atau makan bersama di beberapa tempat wisata di pantai, membuat personil Badan Penyelamat Wisata Tirta (Balawista) Banten melakukan siaga wisata dalam memberikan pelayanan keselamatan bagi wisatawan.

Destinasi pantai yang ada di Pandeglang masih menjadi salah satu tempat favorit masyarakat untuk munggahan. Ketua Balawista Banten, Ade Ervin mengatakan, dalam menghadapi munggahan, pihaknya akan memaksimalkan pelayanan keselamatan bagi wisatawan yang berkunjung ke tiap objek wisata tersebut.

“Kalau munggahan itu adalah rutinitas rutin dari kegiatan Balawista, nah di Balawista itu ada skema operasi namanya siaga wisata. Siaga wisata itu kami integrasikan dengan berbagai lembaga seperti TNI Polri dan juga pihak terkait lainnya,” katanya.

Menurut Ervin, dalam kegiatan siaga wisata tersebut pihaknya akan mempersiapkan penempatan anggota dan penyiapan fasilitas yang dimiliki dalam memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkaitan dengan keselamatan.

“Program tersebut untuk memberikan pelayanan kepada wisatawan salah satunya pada saat libur atau musim liburan panjang, kami akan siapkan itu,” ujarnya.

Saat ditanya berapa jumlah personil yang disiapkan dalam menghadapi munggahan tersebut, ia mengaku, saat ini belum bisa dihitung, karena akan melakukan pendataan objek wisata terlebih dahulu, soalnya dalam setiap tahun secara umum lokasi objek wisata itu selalu bertambah dan berubah.

“Jadi lokasi wisata tahun ini tidak sama dengan tahun lalu, karena pastinya ada penambahan tempat wisata baru. Makanya akan dilihat dulu, objek wisata mana saja yang dikunjungi oleh wisatawan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Balawista Kabupaten Pandeglang, Muhlas Halim juga mengaku, tentu di Hari-hari libur panjang seperti menjelang Bulan Ramadhan dan Idul Fitri, Balawisata akan selalu siaga wisata. Karena biasanya pada saat libur panjang, wisatawan banyak memadati objek wisata khususnya wisata pantai.

“Tentu kami akan selalu memberikan pelayanan keselamatan secara maksimal. Karena dalam memberikan keamanan dan kenyamanan bagi wisatawan itu sudah menjadi bagian dari tugas pokok kami selaku Balawista,” ujarnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply