» » Siswa SD Simulasi Bencana Gempa Didepan Presiden Jokowi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan siswa SDN dan SMA di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (18/01/2019).
KRAKATAURADIO.COM, PANIMBANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (18/02/2019) pagi. Jokowi menghadiri kegiatan Peningkatan Kesiapsiagaan Masyarakat Melalui Taruna Siaga Bencana (Tagana) Masuk Sekolah dan Kampung Siaga Bencana, yang digelar di Alun-alun Panimbang, Kabupaten Pandeglang.

Dalam sambutannya, Jokowi mengatakan, kedatangan dirinya ke Pandeglang untuk melihat langsung persiapan masyarakat dalam menghadapi bencana. Kesiapan ini penting, kata Jokowi, mengingat negara Indonesia yang dilewati oleh jalur cincin api.

“Saya ingin melihat mengenai persiapan anak-anak maupun kampung dalam kebencanaan menghadapi bencana. Karena kita tahu bahwa negara kita Indonesia ini dilewati oleh jalur yang namannya cincin api sehingga ada daerah-daerah yang rawan terhadap gempa, juga ada daerah yang rawan banjir, rawan longsor, rawan tsunami dan bencana-bencana yang lainnya,” ujar dia.


Saat menyampaikan sambutan, Presiden mengundang siswa SD dan SMA serta dari masyarakat untuk mempraktekan simulasi tanggap bencana.

“Oleh sebab itu saya minta sini anak-anak maju, siapa yang berani maju, anak-anak yang SD dulu, sini maju,” katanya.

Salah satu siswa SDN, Muhammad Alan menjawab pertanyaan Jokowi dengan lancar.

“Sudah diberi pendidikan mengenai kalau ada gempa, gimana caranya, misalnya sekarang ada gempa,” tanya Jokowi.

Alan menjawab, saat terjadi gempa maka lindungi kepala. Selain itu masuk ke kolong meja dan ketika gempa sudah berhenti berlari ke tempat terbuka.


Setelah puas mendengarkan jawaban dan simulasi dari Alan, Jokowi mengatakan, pendidikan yang telah dilakukan oleh Tagana telah diterima dengan baik oleh siswa.

Setelah memberikan sambutan, Presiden meninjau sejumlah sarana prasarana yang dimiliki Kementerian Sosial dan meninjau sosialisasi program Tagana Masuk Sekolah (TMS) di SD Negeri Panimbang Jaya 1. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply