» » Jumlah Mobil Damkar di Pandeglang Masih Kurang

Mobil pemadam kebakaran (Damkar) di pos Labuan, tepatnya di Shelter Tsunami, Rabu (03/07/2019).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Jumlah mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, masih jauh dari kata ideal. Dari lima mobil Damkar yang ada, hanya tiga unit Damkar yang dapat beroperasi, sementara sisanya sudah dimakan usia. Hal itu tidak berbanding lurus dengan jumlah 35 Kecamatan yang ada di Pandeglang yang harus dijangkau.

Komandan regu (Danru) Damkar pos Labuan, Lili mengaku, untuk menjangkau 35 Kecamatan di Kabupaten Pandeglang, dibutuhkan minimal sebanyak 5 pos Damkar. Meskipun hal tersebut sudah disampaikan, namun karena keterbatasan anggaran, jumlah mobil damkar belum juga ditambah.


“Memang dibutuhkan beberapa titik pos lagi dalam hal ini kita masih mengusahakan melalui Pemerintah Daerah juga agar membuat pos-pos, tetapi itu pun terkait dengan kemampuan pemerintah kita mengadakan unit (mobil damkar) dan peralatan-peralatan (pendukung),” kata dia ditemui di pos Damkar Labuan, Rabu (03/07).

Ia menjelaskan, tiga unit mobil Damkar yang tersedia, satu diantaranya ditempatkan di pos Labuan, sementara dua Damkar untuk memback up wilayah perkotaan.

“Jadi yang bisa optimal itu hanya tiga unit saja. Untuk back up wilayah perkotaan untuk menjaga pendopo dan sekitarnya itu ada dua karena disana terdapat aset-aset vital penting di pemerintahan. Untuk Labuan sendiri baru kita sediakan satu pos unit dengan komposisi satu armada unit serang yang satunya suplai air,” terangnya.


Idealnya, tambah dia, satu unit Damkar menjangkau radius 15 kilometer dari titik pos. Untuk itu, jumlah Damkar di Pandeglang minimal harus ada sebanyak 5 pos yang tersebar di beberapa titik.

“Jadi dalam satu wilayah manajemen kebakaran itu satu pos itu mencakup 15 kilometer lah jangkauannya. Untuk mencapai 15 kilometer tersebut dalam artian luasan itu dibutuhkan paling setidaknya 10 pos tapi kita pun melihat kemampuan pemerintah kita,” katanya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply