ADSENSE

» » 5 Cara Hidup Sehat Agar Tubuh Kuat Lawan Virus Corona



Covid-19 terus mewabah. Sejak WHO menetapkannya sebagai pandemi, penyebarannya semakin masif, termasuk ke Indonesia.
Pemerintah RI melalui Presiden Joko Widodo telah mengimbau agar masyarakat melakukan segala aktivitas dan menghindari keramaian.

Selain menjaga kebersihan tubuh, imunitas tubuh yang baik juga dapat mengusir virus corona dari tubuh kita. Dr. dr. Sukamto, Sp.PD, K-AI, Direktur Pelayanan Kesehatan Sekunder dan Unggulan, Rumah Sakit Universitas Indonesia pun memberikan 5 cara mudah untuk meningkatkan imunitas tubuh.
Apa saja aktivitas yang membuat kita lebih kuat hadapi virus corona? Berikut detailnya:

1. Perbanyak makan sayur dan buah

Bagi yang kurang asupan makanan, disarankan untuk menambahkan konsumsi sayur dan buah. Sayur atau buah bisa apa saja, sesuai dengan selera.
Buah banyak mengandung vitamin, sedangan sayur banyak mengandung serat dan menieral yang dibutuhkan tubuh kita. Menurut penelitian orang yang lebih banyak makan buah lebih tidak mudah sakit.

2. Cukup istirahat
Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Sehingga semua manusia membutuhkan kualitas dan kuantitas tidur yang cukup.
Orang dewasa membutuhkan tidur selama 7-8 jam. Sedangkan remaja membutuhkan 9-10 jam tidur dalam sehari.

3. Hindari stres dan kelola stres
Stres yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Stres biasanya dialami jika kita sedang banyak pikiran atau masalah.
Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Kondisi ini akan membuat kita mudah terserang penyakit, atau terjangkit virus.

4. Rutin olahraga
Olahraga sangat berguna bagi tubuh kita. Tidak hanya sehat, dengan berolahraga, orang juga dipercaya akan merasa lebih bahagia.
Disarankan untuk rutin olahraga selama 30 menit setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi.

5. Hindari rokok dan alkohol
Paparan asap rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Begitu juga dengan alkohol.
Perokok memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkhitis dan pneumonia, yang memang menjadi media yang diserang virus corona covid-19.

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply