Tangani Covid-19, Tiga Lembaga Sosial Sinergi dengan Pemkab Pandeglang

Bupati Pandeglang, Irna Narulita bertemu dengan tiga lembaga sosial yakni Laz Harfa, Rumah Zakat dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) di Pendopo, Kamis (26/03/2020).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sebanyak tiga lembaga sosial siap bersinergi dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang untuk menangani masalah virus corona atau Covid-19. Ketiga lembaga tersebut Laz Harfa, Rumah Zakat dan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Hal ini terungkap saat Bupati Pandeglang, Irna Narulita bertemu dengan tiga lembaga sosial itu di Pendopo Pandeglang, Kamis (26/03/2020).

Irna mengaku sangat menyambut baik dengan hadirnya para relawan yang ikut bergabung dengan pemerintan dalam menangani penyebaran Covid 19.

“Tentu ini sangat membantu kami jika para relawan siap bersinergi menangani masalah Covid-19,” ungkapnya.

Dia menerangkan, dalam memutus penyebaran Covid-19 di Pandeglang, pihaknya sudah mengeluarkan sejumlah kebijakan mulai dari Surat Edaran (SE) penyesuaian kerja Aparatur Sipil Negara (ASN), pembentukan Gugus Tugas penanganan Covid-19, hingga kedaruratan.

“Penyemprotan disinfektan yang dilakukan gugus tugas, himbauan kepada masyarakat larangan berkerumun terus di sosialisasikan. Sekarang pun kami sedang rakor terkait penanganan Covid-19,” kata Irna.


Direktur Utama Laz Harfa Banten, Indah Prihanande mengatakan, untuk menangani penyebaran Covid-19 di Pandeglang, dirinya sudah membuat program Kampung Siaga Covid 19.

“Yang kita lagi hadapi ini penyakit yang paling dahsyat. Kami siapkan Kampung Siaga Covid. Kegiatannya akan dilaksanakan selama tiga bulan di 22 Kampung 9 Desa, di Kecamatan Cibaliung, Sindangresmi, Cigeulis dan Sobang,” terangnya.

Dijelaskannya, di Kampung Siaga Covid ini, akan ada 7 Kegiatan yang dilaksanakan guna pencegahan penyebaran Covid-19, diantaranya membuat Satgas Siaga Covid-19, sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), pembersihan fasilitas umum, pengaktipan sistem keamanan warga dengan detektor, membuat sistem informasi kesehatan warga, mengaktifkan lumbung pangan warga, dan mengaktifkan relawan lingkungan siaga Covid.

Sementara itu, perwakilan Aksi Cepat Tanggap (ACT), Dedi Suhaedi mengatakan pihak ACT juga akan melakukan kegiatan dalam penanganan Covid 19. Kata dia, ACT sudah menyuplai makanan untuk tim medis. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.