ADSENSE

» » Ini Surat Imbauan MUI Pandeglang Terkait Pelaksanaan Ibadah Ramadhan Dalam Situasi Pandemi Covid-19

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pandeglang, KH. Tb. Hamdi Ma'ani.
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Menjelang Ramadhan 1441 H/2020 M, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pandeglang, Banten, mengeluarkan surat edaran berisi imbauan tentang penyelenggaraan ibadah Ramadhan dalam situasi dan kondisi pandemi virus corona (Covid-19).

Dalam surat Nomor : A. 14/XVI.03/Him/IV/2020 yang ditandatangani Ketua MUI Kabupaten Pandeglang, KH. Tb. Hamdi Ma’ani pada tanggal 18 April 2020 tersebut berisi enam poin imbauan yang disampaikan kepada kaum muslimin khususnya pada ketua umum dan pengurus MUI Kecamatan.

Pertama, menyambut bulan suci Ramadhan 1441 H, dengan penuh keimanan dan ihtisab sehingga dapat memperoleh Rahmat, Maghfirah dan Itqun Minan Nar.

Kedua, apabila kaum muslimin dan muslimat berada di kawasan penularan Covid-19 yang tinggi, maka boleh meninggalkan Shalat Jum’at dan menggantikannya dengan Shalat Dzuhur di tempat kediaman, serta meninggalkan jamaah Shalat lima waktu/Rawatib, Tarawih, dan Shalat Ied di masjid atau tempat umum lainnya.


Ketiga, jika kaum muslimin dan muslimat berada di kawasan penularan Covid-19 rendah, maka tetap wajib menjalankan kewajiban ibadah sebagaimana biasa dan wajib mengikuti protokol kesehatan yang dikeluarkan oleh Pemerintah dan Pemkab Pandeglang.

Empat, ketentuan zona/kawasan penularan Covid-19 yang tinggi dan rendah sebagaimana poin dua dan tiga berdasarkan ketetapan pihak yang berwenang.

Lima, selalu menjaga diri, masjid dan mushalla agar tidak terpapar Covid-19, antara lain dengan menyediakan tempat cuci tangan dan sabun/pembersih, tidak kontak fisik langsung (bersalaman, berpelukan, cium tangan), membersihkan dan mengepel masjid/mushalla setiap saat, menggulung karpet dan jama’ah membawa sajadah masing-masing, dan selalu menggunakan masker.

Poin terakhir, ketua umum dan pengurus MUI Kecamatan hendaknya mensosialisasikan imbauan ini kepada kaum muslimin serta berkoordinasi dengan Muspika setempat.

Pihaknya mengajak kepada semua masyarakat khususnya umat muslim, untuk sama–sama berdoa kepada Allah SWT agar wabah Covid-19 itu segera berakhir. Selain itu, pihaknya juga mengajak untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan penuh kegembiraan.

“Semoga pandemi Covid-19 segera berakhir dan mari kita sambut Ramadhan dengan penuh kegembiraan dan kebahagiaan,” harapnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply