ADSENSE

» » Pandeglang Mulai Perketat Wilayah Perbatasan, Suhu Tubuh Pemudik Diperiksa

Apel kesiapsiagaan pasukan di Polres Pandeglang, Kamis (02/04/2020).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang bersinergi dengan Kepolisian Resort (Polres) Pandeglang melakukan pemeriksaan suhu tubuh bagi para warga yang hendak mudik atau pulang kampung.

Pemeriksaan itu dilakukan di tiga titik, yaitu di Gayam yang menjadi perbatasan Pandeglang dan Serang, Kadubanen perbatasan antara Pandeglang dan Lebak, dan Carita yang menjadi perbatasan Pandeglang dengan Kabupaten Serang - Cilegon. Hal ini merupakan tindaklanjut dari keputusan Presiden tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Juru Bicara Tim Gugus Pencegahan dan Penyebaran Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Pandeglang, dr. Ahmad Sulaeman mengatakan, pemeriksaan tubuh para pemudik ini untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 di Pandeglang.

“Intinya kalau ada yang datang itu terpantau, mau kondisinya sakit atau sehat tetap terpantau dan jelas asalnya dari mana, jadi dari awal sudah terekam,” katanya.


Ia menerangkan, yang menjadi objek pemeriksaan meliputi semua warga atau pengguna jalan yang masuk atau keluar dari Pandeglang.

“Ini masuknya physical distancing tahap dua, jadi harusnya kita sudah masuk pembatasan orang ya, berarti minimal dua minggu kegiatan ini dilaksanakan,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat menghadiri apel kesiapsiagaan pasukan di Polres Pandeglang mengatakan, personil yang bertugas melakukan screening di 3 titik perbatasan harus dalam kondisi sehat.

“Sebelum penugasan personil ini harus di cek dulu kesehatannya sehingga dia bisa bekerja dengan optimal,” kata Irna, Kamis (02/04).

Irna juga meminta puskesmas setempat yang terdekat dengan perbatasan harus diatur jam kerjanya untuk mengantisipasi jika ada pemudik yang harus dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Dikatakan Irna, data dari hasil pengecekan bisa disampaikan ke Dinas Kesehatan, karena, kata dia, sumber data harus satu pintu dari Dinkes.

“Kalau koordinasi silahkan lakukan per menit sehingga datanya terus update,” pungkasnya.


Sementara itu Kapolres Pandeglang, AKBP Sofwan Hermanto menekankan para personil yang ditugaskan dalam operasi PSBB harus detil namun tetap mengedepankan sopan santun.

“Mereka harus kita perlakukan dengan baik, karena tujuan kita ingin mereka sehat,” ujarnya.

Ia menekankan, apabila ditemukan ada suhu diatas normal, bisa dilakukan pengecekan lanjutan.

“Kalau harus dilakukan pemeriksaan lanjut bisa dibawa puskesmas terdekat,” imbuhnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply