ADSENSE

» » Tingkatkan Layanan Kebencanaan, Pemda Teken Komitmen Bersama Pattiro Banten

Proses penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemerintah daerah (Pemda) Pandeglang dengan Pattiro Banten, di Oproom Setda Pandeglang, Selasa (28/07/2020).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Dalam rangka membangun komitmen untuk meningkatkan layanan kebencanaan di Kabupaten Pandeglang, Pattiro Banten yang merupakan organisasi riset dan advokasi melakukan kesepakatan bersama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Pandeglang.

Penandatangan dilakukan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang Pery Hasanudin, Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang Habibi Arafat, Direktur ERR Pattiro Banten Bahrul Alam, Perwakilan Ombudsman Banten, serta perwakilan masyarakat, di Oproom Sekretariat Daerah.

Direktur ERR Pattiro Banten, Bahrul Alam menerangkan, kesepakatan ini sebagai bentuk komitmen Pattiro untuk terus bersinergi dengan Pemda dalam peningkatan layanan kebencanaan.

“Ada 7 point kesepakatan yang dituangkan. Beberapa point kesepakatan kami adalah perbaikan layanan kebencanaan menjadi tanggung jawab bersama, perencanaan pembangunan dan pengalokasian anggaran secara proporsional dalam hal kebencanaan, kegiatan adaptasi dan pengurangan resiko bencana di wilayah rawan bencana,” katanya, Selasa (28/07).

Masih kata Bahrul Alam, Pattiro merupakan lembaga yang intens membantu Pemda pandeglang dalam hal kebencanaan sejak terjadinya bencana tsunami beberapa tahun lalu.

“Pada saat bencana tsunami kami telah membantu pemda pandeglang untuk turut serta membantu meringankan beban masyarakat dengan berupaya dalam hal pendistribusian logistik. Dan selanjutnya kami juga konsen untuk melakukan kegiatan pengurangan resiko bencana dan hasilnya adalah terbentuknya beberapa komunitas yang akan melakukan upaya pengurangan resiko tersebut,” terang dia.

Ditempat sama, Sekda Pandeglang, Pery Hasanudin sangat mengapresiasi langkah-langkah yang telah dilakukan oleh Pattiro Banten.

“Kami atas nama bupati dan masyarakat kabupaten pandeglang sangat mengapresiasi dengan apa yang telah dilakukan organisasi Pattiro dan memang inilah yang sangat penting untuk diketahui masyarakat, bahwa penanganan bencana bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah saja, tapi semua unsur bahkan sampai ke lapisan masyrakat harus turut andil,” kata dia.

Pemerintah daerah, lanjut Pery, terus berkomitmen untuk melakukan peningkatan layanan kebencanaan.

“Kita tahu bahwa Kabupaten Pandeglang meruapakan wilayah rawan bencana. Untuk itu kami pun harus selalu tanggap. Salah satu upayanya adalah dengan intens mengawal anggaran kebencanaan, penyiapan personil serta beberapa bulan kedepan juga kami akan meningkatkan level BPBD hingga setara dinas, jadi kewenangannya akan lebih besar,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply