ADSENSE

» » Tips Beradaptasi dan Melindungi Diri di Masa New Normal



Sebagian wilayah di Indonesia mulai mencoba kembali membuka berbagai fasilitas dan menjalankan aktivitas dengan tetap mengedepankan prosedur kesehatan. Anda pun mungkin termasuk orang yang sudah mulai kembali menjalani rutinitas seperti bekerja dengan normal.

Tetap melakukan pencegahan dan perlindungan diri dari virus

Seperti yang sudah Anda tahu, terdapat beberapa langkah yang selalu ditekankan untuk membantu mencegah dan menghambat penyebaran virus COVID-19. Hal ini tentu akan menjadi bagian dari new normal.

Mengacu pada panduan WHO, berikut langkah pencegahan yang dimaksud:

  • Hindari menyentuh area sekitar muka, terutama mata, hidung, dan mulut
  • Mencuci tangan dengan rutin menggunakan air mengalir dan sabun
  • Jika tidak bisa atau berhalangan mencuci tangan, selalu sedia hand-sanitizer yang mengandung alkohol
  • Segera berkonsultasi atau minta bantuan ahli medis ketika mengalami demam, batuk, atau kesulitan bernapas yang berkepanjangan
  • Etika bersin atau batuk yang benar yaitu dengan menutup mulut dan hidung menggunakan tisu atau bagian dalam siku. Segera buang tisu yang telah dipakai pada tempat sampah tertutup
  • Menggunakan masker entah itu karena merasa kondisi tubuh sedang menurun atau sebagai langkah menghambat penyebaran virus

Tetap menerapkan social dan physical distancing semaksimal mungkin

Sebagian dari Anda mungkin harus kembali pergi ke kantor atau tempat kerja. Namun, dengan berlakunya new normal berarti Anda harus tetap menjaga jarak antar sesama, terutama dengan orang yang sedang sakit.

Jika kesulitan untuk menerapkan hal ini, langkah pencegahan yang sudah dijelaskan pada poin pertama dapat membantu Anda melindungi diri dari virus. Tetap prioritaskan untuk menjaga jarak (physical/social distancing) dengan orang lain setiap kali Anda memiliki pilihan untuk melakukannya.

Tetap menjaga kondisi fisik dan mental selama new normal

Daya tahan tubuh merupakan salah satu faktor penting dalam melawan virus corona. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu mengonsumsi makanan seimbang penuh nutrisi serta melakukan olahraga setiap hari.

Pandemi COVID-19 yang terjadi juga dapat memengaruhi mental Anda. Sebagian orang mungkin dapat mengalami trauma akibat pandemi ini atau karena ketidakpastian kapan pandemi akan berakhir.

Tetap bersih dan sehat selama menghabiskan waktu di rumah

Membatasi interaksi sosial berarti mengharuskan Anda menghabiskan waktu di rumah atau tempat tinggal. Oleh karena virus juga dapat menyebar melalui benda mati, Anda perlu secara rutin membersihkan rumah.

Bersihkan area atau benda yang sering mengalami kontak fisik menggunakan disinfektan atau sabun, seperti gagang pintu, lemari atau kulkas, meja kerja dan dapur, serta barang seperti remote TV.

Lakukan juga olahraga sederhana di rumah seperti yoga atau lompat tali dan makan makanan bergizi, serta berhenti merokok.

Tetap menahan keinginan untuk pergi ke tempat ramai

Untuk mengikuti tatanan hidup baru, secara tidak langsung Anda juga dibatasi untuk pergi ke tempat yang sering ditemui banyak orang. Mau tidak mau, Anda harus mulai mengurangi berkumpul di tempat-tempat seperti restoran, coffee shop, atau bahkan sekedar nongkrong di taman.

New normal atau tatanan hidup baru kemungkinan besar akan mengubah rutinitas dan kegiatan Anda. Namun hal ini dilakukan demi kebaikan Anda sendiri dan tentunya agar pandemi ini benar-benar berakhir.

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply