Kementerian PUPR Alokasikan Rp 22 Miliar Bangun Rumah Susun di Pandeglang

Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin berbincang dengan Kasatker SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Banten Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Ridwan Dibya Sodarta, Rabu (20/01/2021).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada tahun 2021 ini mengalokasikan Rp 22 miliar untuk pembangunan Rumah susun (Rusun) di kawasan Tanjung Lesung, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang. Rencana ini akan dilakukan pada Maret 2021 mendatang.

 

Kasatker Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Penyediaan Perumahan Provinsi Banten Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Ridwan Dibya Sodarta mengatakan, Rusun yang akan di bangun di Pandeglang dengan model kontruksi bangunan 3 lantai berjumlah 64 unit.

 

Nantinya, kata dia, Rusun ini akan diperuntukan bagi para pekerja dan masyarakat yang berada di kawasan Tanjung Lesung.

 

“Lokasinya berada di kawasan Tanjung Lesung dengan luas tanah 4.587 meter persegi menelan anggaran Rp 22 miliar,” kata dia usai melakukan pertemuan dengan Sekda Pandeglang Pery Hasanudin, Rabu (20/01).

 

Lebih lanjut ia mengatakan, rencana pembangunan Rusun saat ini masih dalam proses persiapan secara administrasi, baik itu proses perizinan, lelang dan lain sebagainya.

 

“Kami meminta kerjasama dan dukungan dari pemerintah daerah terkait rencana pembangunan rumah susun ini, agar kedepan proses pelaksanaan pembangunanya dapat terwujud dengan baik,” tambah dia.

 

Ditempat sama, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat menyebut, pembangunan Rusun ini sudah teranggarkan dan tercantum dalam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) tahun 2021 dan sudah siap dilelang.

 

Ia menyebut terdapat kendala dalam rencana pembangunan Rusun ini, yakni tanah hibah dari PT BWJ kepada Pemkab Pandeglang yang belum diselesaikan dan saat ini tengah diproses.

 

“Apabila permasalahan tanah hibah ini sudah selesai Insya Allah siap dilelangkan,” ujarnya.

 

Ia menambahkan, jika tidak ada kendala pembangunan Rusun di Pandeglang akan dibangun sebanyak 4 unit. Namun, pihak Kementerian PUPR mencoba untuk membangun 1 Rusun terlebih dahulu.

 

“Apabila dinilai berhasil akan kembali dibangun,” pungkasnya.

 

Sementara, Sekda Pandeglang Pery Hasanudin mengapresiasi rencana pembangunan Rusun yang digagas Kementerian PUPR di Pandeglang.

 

Ia berharap pembangunan Rusun ini mempunyai dampak positif bagi masyarakat sekitar. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.