Tingkatkan Kualitas SDM, Basarnas Banten Gelar Pelatihan Water Rescue

Pelatihan water rescue yang digelar Basarnas Banten di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (16/03/2021).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG
- Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Banten menggelar Pelatihan Water Rescue (pertolongan air). Kegiatan ini telah berlangsung dari tanggal 15 hingga 20 Maret 2021 di Coconut Island, Kecamatan Labuan.

 

Kepala Basarnas Provinsi Banten, M. Zaenal Arifin menjelaskan, tujuan dari pelatihan ini untuk menjalin tali silaturahmi dengan unsur yang ada dan memberikan pembekalan potensi SAR baik TNI, Polri serta unsur masyarakat.

 

“Peserta dalam pelatihan ini dikuti sebanyak 25 orang berasal dari perwakilan TNI, Polri, instansi dan organisasi berpotensi SAR di Provinsi Banten,” kata dia.

 

Selain itu kata Zaenal, pelatihan ini juga memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pertolongan di permukaan air sehingga potensi SAR dapat membantu Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan secara cepat, tepat, aman, terpadu, dan terkoordinasi.

 

“Saya berharap dengan diberikanya pelatihan water rescue kepada unsur potensi SAR setidaknya masyarakat bisa menolong dirinya sendiri apabila terjadi bencana dan mampu memberikan pertolongan kepada orang lain sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP),” tambah dia.

 

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita yang meresmikan pelatihan tersebut, menyampaikan apresiasi kepada Basarnas Banten beserta relawan lainya yang tak henti-hentinya mendampingi Pemerintah dalam penanganan berbagai bencana.

 

“Kabupaten Pandeglang merupakan daerah yang sangat luas, terdapat gunung dan hamparan laut terpanjang di provinsi Banten sehingga wilayah kita ini rawan bencana baik itu tsunami, bencana banjir dan longsor. Maka dari itu dibutuhkan para pahlawan kemanusiaan yang tangguh,” kata Irna.

 

Irna menambahkan, dalam menghadapi dan menangani bencana, Pemda Pandeglang selalu didampingi potensi SAR saling bahu membahu ikut membantu dalam menghadapi berbagai bencana. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.