ADSENSE

» » 5 Kebiasaan Sehabis Makan yang Sebaiknya Dihindari Ketika Berbuka Puasa

                                                

     Beberapa orang memiliki kebiasaan masing-masing yang dilakukannya sehabis makan besar, termasuk makan di waktu buka puasa. Ada yang mengantuk dan memilih untuk tiduran barang sejenak, ada yang memilih merokok sambil menyesap teh atau kopi panas, beberapa justru menyempurnakan sajian dengan banyak-banyak mengudap buah. Beberapa kebiasaan ini, ternyata ada yang merugikan kesehatan. Bahkan kebiasaan makan buah sehabis makan dan minum teh pun, tidak disarankan oleh beberapa ahli medis. Bahwa minum teh sehabis makan dengan harapan teh akan melancarkan sistem pencernaan adalah pola pikir yang salah. Beberapa kebiasaan tak membawa manfaat, justru akan merugikan kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa kebiasaan yang sebaiknya dihindari setelah makan besar: 


1. Makan seporsi besar buah


     Buah sebaiknya dikonsumsi satu jam sebelum makan besar atau dua jam setelah Anda menghabiskan sepiring nasi beserta lauk pauk lengkapnya. Buah-buahan yang kaya serat memang mudah dicerna oleh tubuh. Namun jika dimakan sehabis Anda makan nasi dan lauk pauk, maka kandungan buah tak bisa dipecah secara sempurna oleh tubuh. Efeknya, kandungan gizinya tak akan terserap secara sempurna.


2. Mandi setelah makan

     Kerja sistem cerna akan terhenti atau terhambat ketika Anda memutuskan mandi setelah kekenyangan karena makan besar. Karena air dingin yang diguyur ke tubuh, maka darah yang harusnya berkonsentrasi di area perut untuk menyokong proses pencernaan jadi mengalir dari atas kepala hingga ke ujung kaki.  Darah yang tak lagi berfokus ke area perut akan memperlambat kerja saluran cerna.


3. Menyesap teh panas

     Daun teh memiliki kandungan asam cukup tinggi. Dan asam dalam teh ini bisa menganggu kinerja saluran cerna. Protein yang dibawa oleh makanan akan membeku dan menjadi keras jika terkena asam dari daun teh. Hal ini tentu saja akan membuat tubuh jadi kesulitan dalam menyerap protein yang ada. Selain itu, penyerapan zat besi juga terganggu jika seluran cerna dipenuhi asam dari daun teh. Sangat disarankan untuk menyesap teh satu jam sebelum makan berbuka atau dua jam setelahnya. Atau, waktu terbaik menikmati teh panas adalah sehabis Anda menunaikan ibadah shalat tarawih. 


4. Merokok

     Menghabiskan sebatang rokok setelah makan sama saja dengan mengabiskan 10 batang rokok dalam satu waktu. Karena hal inilah, sangat tak disarankan untuk merokok selepas menghabiskan seporsi sajian besar. 


5. Tidur selepas makan

     Kenyang bisa menuntun tubuh menuju kantuk. Namun alarm alam ini jangan didengarkan dan jangan diikuti. Ketika Anda nekad berbaring atau tidur selepas makan, tubuh akan menghentikan proses pencernaannya karena mengira tubuh dalam kondisi siap untuk beristirahat total.  Efeknya ketika bangun, Anda akan terjaga dengan perut berisi makanan yang belum tercerna secara maksimal. Ancaman perut terasa penuh dan tak nyaman adalah yang akan menghadang Anda di depan mata. 

     Lima kebiasaan tersebut sebaiknya dihindari selepas Anda makan iftar. Karena pada waktu puasa, Anda membutuhkan tubuh yang fit dan lima kebiasaan di atas bisa menggiring Anda ke proses cerna tak sempurna. 

SEMOGA BERMANFAAT

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply