ADSENSE

» » Kampanye Pilkades Hanya 3 Hari, Kepala DPMPD: Pandemi Covid-19

Kepala DPMPD Pandeglang, Doni Hermawan.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang, menetapkan masa kampanye Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak hanya 3 hari yakni 12 sampai 14 Juli 2021.

 

Tahapan Pilkades sendiri akan dimulai pada 3 Mei 2021. Aturannya sudah tertuang dalam Peraturan Bupati Nomor 7 Tahun 2021.

 

Kepala DPMDP Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan, pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia menjadi latar belakang utama.

 

“3 Hari kita gak banyak karena kondisinya juga, kondisi Covid-19 kaya gini kan kita sangat sulit untuk mengkampanyekan secara akbar, makanya kita batasi,” kata dia, Jumat (30/04).

 

Doni melanjutkan, masa kampanye 3 hari ini sudah melalui hasil diskusi dan musyawarah seluruh pihak. DPMPD, kata dia, tidak memutuskan hal ini sendiri.

 

“Kita lakukan secara mendalam, kita kaji dulu dengan orang-orang hukum, orang-orang pemerintahan semua rembukan. Bukan hanya dari DPMPD sendiri, semua berkontribusi memberikan masukan,” beber dia.

 

Baca: Siap-Siap! Bupati Pastikan Pilkades Serentak 18 Juli 2021

 

Baca: Daftar Kepala Desa di Pandeglang Gratis, Didanai Pemda

 

Adapun untuk pengawasan sendiri dilakukan berbagai pihak, mulai dari unsur TNI Polri, sampai masyarakat.

 

Terpisah, anggota Komisi I DPRD Pandeglang, Miftahul Farid Sukur (MFS) meminta, pemerintah daerah (Pemda) melakukan seleksi ketat terhadap pegawai yang nantinya akan menjadi pejabat sementara (Pjs) di 207 Desa yang menggelar Pilkades.

 

“Dalam tahapan ini pasti adanya Pjs, walaupun Pjs ini setelah pemilihan. Pemerintah harus segera menyiapkan juga calon-calon yang mengisi jabatan di Desa karena bagaimanapun ini harus orang-orang yang berkompeten karena bersentuhan dengan masyarakat. Jadi jangan sampai menjadi raja sebentar tapi harusnya menempatkan sebagai pelayan sebentar,” kata MFS.

 

Ia berharap kontestasi Pilkades dapat berjalan kondusif. Seluruh pihak, kata dia, diharapkan menciptakan situasi yang aman dan damai.

 

“Tetap jaga kondusifitas di masyarakat baik kepada calon maupun masyarakat, karena memang Pilkades ini sangat rawan konflik, tapi saya yakin dan percaya bahwa atas bantuan semuanya baik masyarakat baik pemerintah maupun TNI dan polri juga akan membantu untuk mensukseskan Pilkades serentak 2021,” pungkasnya.

 

Baca: Polisi Lakukan Pengamanan Penyaluran Dana BPUM, Imbau Masyarakat Patuhi Prokes

 

Pilkades di Pandeglang sendiri akan diikuti 207 Desa yang tersebar di 32 Kecamatan. Sebanyak 206 Desa melakukan pemilihan langsung, sementara 1 Desa merupakan Pergantian Antar Waktu (PAW). Rencananya, hari pencoblosan dilakukan pada Minggu, 18 Juli 2021 mendatang.

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply