ADSENSE

» » Adem, 27 Balon Kades di Labuan Saling Tegur Sapa Usai Jalani Tes Tulis

Tes tertulis Bakal Calon Kepala Desa di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Minggu (27/06/2021).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Sebanyak 27 Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengikuti tes tertulis yang digelar Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak tahun 2021.

 

Tes tertulis sendiri digelar di gedung PGRI Cabang Labuan, Minggu (27/06/2021) pukul 09.00 WIB sampai 11.00 WIB.

 

Camat Labuan, Ace Jarnuji mengatakan, pelaksanaan tes Balon Kades di Kecamatan Labuan terdiri dari 6 Desa dan 27 peserta. Kata dia, Desa yang menggelar Pilkades di Kecamatan Labuan diantaranya Desa Labuan, Desa Kalanganyar, Desa Teluk, Desa Caringin, Desa Rancatereup dan Desa Banyumekar.

 

Adapun jumlah Balon Kades di Kecamatan Labuan sendiri sebanyak 27 orang, terdiri dari 10 Balon Kades Labuan, 4 Balon Kades Kalanganyar, 4 Balon Kades Teluk, 4 Balon Kades Caringin, 3 Balon Kades Rancatereup dan 2 Balon Kades Banyumekar.

 

“Sesuai dengan tahapan bahwa Desa yang melaksanakan tahapan Pilkades salah satunya di 6 Desa dengan 27 peserta hari ini digelar tes tertulis. Yang ikut 27 orang yang lulus seleksi, seluruh orang yang daftar ini lulus seleksi semua,” kata dia ditemui usai menggelar tes tertulis Balon Kades.

 

Baca: 50 Rumah Warga di Panimbang Rusak Dihantam Angin Puting Beliung

 

Baca: Bupati Irna Target 15 Ribu Warga Ikut Vaksinasi Massal di Pandeglang

 

Ace menerangkan, tahapan pada hari ini hanya tes tertulis. Tahapan ini berjalan dengan lancar dan kondusif serta pelaksanaannya mengikuti protokol kesehatan (prokes) Covid-19.

 

Selain itu, usai mengikuti tes tulis, para Balon Kades ini terlihat saling tegur sapa dan berbincang di luar gedung. Tidak sedikit pula yang terlihat tertawa.

 

“Alhamdulillah sesuai dengan tata tertib yang telah dilakukan oleh teman-teman panitia, dilaksanakan jam 9 pagi dan jam 11 selesai,” ucapnya.

 

Selanjutnya, kata dia, Balon Kades akan menjalani tes wawancara yang digelar Senin (28/06) pagi.

 

“Insha Allah besok sampai hari Selasa tes wawancara, tes lisan. Mudah-mudahan lancar satu hari bisa selesai. Wawancara pun itu dibatasi minimal 3 maksimal 5. Di Kecamatan Labuan 4 orang yang akan mewawancara, diantaranya saya sendiri, pak Kapolsek, pak Koramil dan kepala upt Puskesmas,” imbuhnya.

 

Sementara, anggota DPRD Pandeglang Daerah Pemilihan (Dapil) V, Ade Bideng mengaku, proses tahapan tes tertulis bagi Balon Kades di Labuan berjalan lancar.

 

“Kebetulan kita dapat kegiatan partai karena setiap aktivitas penyelenggaraan kegiatan negara khususnya di Pilkades kita wajib melaporkan kegiatan itu dan diharapkan berjalan kondusif. Saya melihat secara langsung proses kegiatan ini berjalan rapi, tertib,” ujar dia.

 

Politisi PDI Perjuangan ini mengaku melihat dalam tahapan tersebut para Balon Kades saling tegur sapa dan berbincang. Hal ini, lanjut dia, merupakan tradisi yang baik.

 

“Antara peserta satu dengan lain saling bersapa, artinya karakter ketimuran itu luar biasa. Satu itu ciri khas bangsa kita yang kedua juga berarti masyarakat Labuan khususnya sudah mulai menyadari bahwa politik atau demokrasi itu sebuah kedewasaan,” tutur dia.

 

Dia berharap, seluruh Bakal Calon dapat saling bersaing secara sehat. Siapapun yang terpilih menjadi Kades, kata dia, harus dapat mempererat hubungan emosional dengan masyarakat dan pembangunan di Desa dapat lebih optimal.

 

Pilkades di Pandeglang sendiri diikuti 207 Desa yang tersebar di 32 Kecamatan. Sebanyak 206 Desa melakukan pemilihan langsung, sementara 1 Desa merupakan Pergantian Antar Waktu (PAW). Hari pencoblosan dilakukan pada Minggu, 18 Juli 2021 mendatang. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply