ADSENSE

» » Jaga Kualitas Pilkades Serentak Bersih, UT Serang Akan Bekali Calon Kades se-Banten Melalui Webinar

Webinar Pilkades bersama Universitas Terbuka Serang dan IKA UT.

KRAKATAURADIO.COM, SERANG - Universitas Terbuka atau UT Serang menggagas program webinar bagi Calon Kepala Desa (Kades) se Provinsi Banten. Webinar ini digelar untuk menjaga kualitas Pilkades serentak dapat bersih dari politik uang atau money politic dan bermartabat sehingga dapat memunculkan kepemimpinan yang baik dalam menjalankan roda pemerintahan di tingkat Desa.

 

Direktur UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si mengatakan, webinar ini dimaksud memberikan pembekalan sebelum pelaksanaan Pilkades agar nantinya Kades yang terpilih memiliki kemampuan untuk mengelola Desa lebih baik.

 

Menurut dia, dugaan maraknya praktik politik uang pada saat Pilkades masih marak terjadi. Padahal, kata dia, hal ini harus dihindari oleh masyarakat agar kualitas pemimpin yang dipilih dapat membangun desa sesuai dengan visi misi yang ingin dicapai.

 

“Saya fikir kalau seperti itu ya nantinya tidak akan menghasilkan kepala desa yang baik. Yang kedua kades itu sekarang kan sudah diberi banyak sekali dana desa ratusan hingga miliaran, sehingga sebenarnya bukan orang-orang yang punya uang tetapi yang terpilih itu orang-orang yang mampu mengelola dana desa,” ujarnya kepada Krakatau Radio, Rabu (08/09).

 

Dalam pelaksanaannya, ia berharap hasil webinar nantinya dapat menciptakan pemimpin yang memiliki kemampuan membangun desanya, serta menjadi penggerak ekonomi di tingkat bawah.

 

“UT sebagai lembaga pemerintah dan pendidikan berupaya untuk ikut andil dalam rangka memenuhi tridarma perguruan tinggi salah satunya adalah pengabdian kepada masyarakat. Ingin mengawal pemilihan yang bagus dan mudah-mudahan nanti kalau pilkades ini berhasil imbasnya kepada pembangunan di desa,” terangnya.

 

Baca: 2 Pelaku Curanmor dan 15 Motor Diamankan Satreskrim Polres Pandeglang, 1 Pelaku Ditembak

 

Baca: Cek Penerapan Prokes, Bhabinkamtibmas Polsek Cibaliung Datangi Sekolah

 

Adapun narasumber webinar ini yakni Kepala Staf Kepresidenan yang juga aktif sebagai Ketua IKA-UT Moeldoko, Wakil Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Budi Arie Setiadi, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, dan Ketua Senat Universitas Terbuka Prof. Dr. Hanif Nurcholis.

 

Selain itu Gubernur Banten Wahidin Halim juga akan memberikan sambutan bersama dengan Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat M.Bus., Ph.D. serta sebagai sasaran Calon Kades di 4 Kabupaten yang menggelar Pilkades di Provinsi Banten.

 

Pelaksanaan webinar ini akan berlangsung pada Kamis 09 September 2021 pukul 07.00 s/d selesai. Masyarakat dapat melihat webinar ini melalui YouTube UPBBJ-UT Serang atau undangan webinar Pilkades melalui aplikasi zoom.

 

Sejauh ini UT Serang dalam persiapannya sudah melakukan kerjasama dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa di 4 wilayah tersebut, salah satunya di Kabupaten Serang.

 

Webinar ini disambut baik oleh Kepala DPMD Kabupaten Serang, Rudy Suhartanto. Ia menilai webinar yang digagas UT Serang dapat meningkatkan kapasitas Calon Kades sehingga nantinya para Calon Kades mempunyai kualitas untuk membangun Kabupaten Serang.

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply