Dalam Kurun Waktu 3 Tahun, HIV/AIDS di Pandeglang Capai 315 Kasus

Agenda sosialisasi pencegahan dan pengendalian penyakit HIV AIDS di Kabupaten Pandeglang, Selasa (05/10/2021).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) di Kabupaten Pandeglang mencapai angka 315 dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini. Untuk itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang telah menyiapkan sejumlah langkah dalam upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang.

 

Kepala Dinkes Pandeglang, Rd Dewi Setiani mengatakan, untuk upaya pencegahan dan penanganan HIV/AIDS diperlukan keterlibatan semua pihak mulai dari hulu ke hilir, karena tidak mungkin pemerintah bekerja sendirian dalam penanggulangan penyakit tersebut.

 

“Butuh dukungan dan bantuan dari semua elemen, karena penyakit ini bukan penyakit biasa tapi karena perilaku penderita itu sendiri yang menyimpang,” ujar Dewi usai pelaksanaan Sosialisasi Pencegahan dan Pengendalian HIV/AIDS di Hotel S'Rizki, Selasa (05/10).

 

Menurut dia, Pemkab Pandeglang memberikan perhatian besar terhadap kasus ini, mengingat cukup tingginya angka penderita HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang.

 

“Dalam kurun waktu tiga terhitung sejak tahun 2019 sampai 2021 jumlah temuan kasus HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang mencapai 315 kasus,” kata Dewi.

 

Dewi menyebut, penyakit HIV/AIDS disebut sebagai fenomena gunung es, sebab jumlah yang tidak terdeteksinya lebih banyak dibandingkan dengan yang terdeteksi. Disebutkannya, beberapa faktor seseorang dapat terjangkit HIV/AIDS diantaranya karena perilaku yang menyimpang seperti bergonta ganti pasangan, seks bebas, memakai jarum suntik bekas dan lain sebagainya.

 

“Maka dari itu sebagai upaya pencegahan dan pengendalian HIV/AIDS pemerintah daerah gencar melakukan sosialisasi tentang pencegahan dan penanggulangan kepada masyarakat,” tuturnya.

 

Baca: Jumlah Limbah Medis Melonjak, Perusahaan Ini Tawarkan Solusi

 

Baca: HUT TNI ke-76, Kapolres Beri Kejutan ke Kodim dan Yonif 320

 

Sementara itu, Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Taufik Hidayat mengatakan, faktor utama yang harus diperhatikan dalam penanggulangan permasalahan ini adalah upaya pencegahan dan menyusun rencana aksi daerah termasuk kegiatan sosialisasi pencegahan dan pengendalian lintas sektor.

 

“Hal ini dimaksudkan agar semua pihak mengambil strategi efektif untuk mencegah dan menanggulangi HIV/AIDS di Kabupaten Pandeglang,” kata Taufik. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.