Manfaat Kumis Kucing Bagi Kesehatan

   Manfaat kumis kucing bagi kesehatan yang perlu Kaka Teteh ketahui, pasalnya tanaman kumis kucing merupakan tanaman yang dikenal sebagai bahan dasar pembuatan obat herbal untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

   Tanaman yang memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus ini banyak tumbuh di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam dan Indonesia. Selain sebagai tanaman hias, tanaman yang memiliki bentuk bunga berwarna putih hingga keunguan ini dipercaya memiliki beragam manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Maka tak heran apabila sejak dulu tanaman ini telah dikenal sebagai obat herbal bagi masyarakat Indonesia. 

   Kumis kucing memiliki khasiat antiradang dan antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. Khasiat ini berkat berbagai kandungan senyawa alami dalam kumis kucing, yang meliputi flavonoid, triterpenoid, fenolik, sinensetin, eupatorin, glikosida, tanin, saponin, dan steroid.

   Berkat kandungan tersebut, berikut ini beberapa manfaat kumis kucing bagi kesehatan yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Obati Asam Urat dan Menurunkan Tekanan Dara


1. Mengobati Asam Urat

    Manfaat kumis kucing sebagai obat asam urat alami berasal dari kandungan flavonoid, fenolik, dan asam kafeat yang tinggi di dalamnya. Senyawa aktif tersebut diketahui memiliki sifat antiradang yang dapat menghambat pembentukan asam urat, sehingga dapat mencegah dan mengurangi risiko serangan asam urat. Selain itu, kumis kucing juga diketahui dapat meningkatkan fungsi ginjal yang menurun dan memperbaiki kerusakan ginjal, terutama yang diakibatkan oleh kondisi asam urat tinggi.

2. Menurunkan Tekanan Darah

    Manfaat kumis kucing yang lainnya yaitu untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan sinensetin di dalamnya berperan penting sebagai antioksidan dan memiliki aktivitas diuretik yang kuat. Khasiat ini akan membantu tubuh mengurangi kadar natrium berlebih melalui urin. Dengan meningkatnya pengeluaran cairan dan natrium dari tubuh, tekanan dalam pembuluh darah juga bisa berkurang. Oleh karena itu, kumis kucing dapat dimanfaatkan sebagai obat alami bagi penderita hipertensi.

Atasi Rematik dan Menurunkan Kadar Gula Darah


3. Mengatasi Rematik

    Manfaat kumis kucing yang lainnya yaitu sebagai obat rematik alami, terutama pada penderita rheumatoid arthritis (RA). Kebanyakan penyakit rematik, termasuk RA, disebabkan oleh reaksi autoimun. Sebagian lain tidak disebabkan oleh autoimun, tapi sama-sama didasari oleh proses peradangan. Kandungan senyawa fenolik dan flavonoid yang tinggi pada kumis kucing diketahui mampu menurunkan reaksi autoimun pada RA. Selain itu, senyawa-senyawa ini juga diketahui dapat melindungi tulang rawan dan jaringan lunak dari peradangan akut dan kronis berkat efek antiradangnya.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

    Kumis kucing merupakan salah satu tanaman yang memiliki khasiat antidiabetes karena kemampuannya dalam mengendalikan metabolisme karbohidrat dan gula, lemak dan gula, serta asam amino dan gula menjadi lebih seimbang. Khasiat ini dapat menjaga kadar gula darah tetap stabil. Dengan begitu, kumis kucing bisa dijadikan pilihan obat alami untuk mencegah dan mengobati penyakit diabetes.

Baik untuk Kesehatan Jantung dan Atasi Masalah Menstruasi


5. Menyehatkan Jantung

    Selain membantu menurunkan gula darah, pemberian ekstrak kumis kucing juga diketahui dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dan menurunkan trigliserida (lemak darah). Gabungan efek antidiabetik, peningkatan kadar HDL, dan penurunan kadar lemak darah ini sangat baik untuk mencegah penyakit jantung, misalnya penyakit jantung koroner atau serangan jantung.

6. Mengatasi Masalah Menstruasi

    Perempuan yang sering mengalami masalah menstuasi juga bisa mendapatkan manfaat dari kumis kucing. Rutin mengonsumsi ekstrak kumis kucing diketahui bisa menurunkan kadar prostaglandin sehingga bisa mengurangi nyeri menstruasi dan pendarahan berlebih saat menstruasi (menorrhagia).


Bantu Masalah Pernapasan dan Mengurangi Gatal Karena Alergi

7. Membantu Masalah Pernapasan

    Manfaat kumis kucing juga sangat baik untuk mengobati masalah pernapasan seperti asma dan batuk. Agar lebih efektif, biasanya ramuan obat daun kumis kucing dicampur dengan ramuan obat lainnya agar lebih maksimal dalam mengobati masalah pernapasan. Cara mengolah daun kumis kucing untuk meredakan batuk adalah dengan menyiapkan 15-20 gram ditambah dengan 1 gelas air. Rebus dan airnya diminum 3 kali sehari, dosisnya adalah satu gelas.

8. Mengurangi Gatal Karena Alergi

    Ketika tubuh gatal-gatal karena alergi, salah satu cara mengatasinya adalah dengan konsumsi kumis kucing. Cara mengolah kumis kucing bisa dengan cara merebus setengah genggam kumis kucing bersama dengan meniran dan sambiloto. Ditambah dengan 4 gelas air dan 2 jari temulawak lalu rebus sampai mendidih. Saring ampasnya dan jamu herbal ini bisa diminum sehari dua kali untuk mengurangi gatal akibat alergi.


Bantu Proses Detoksifikasi dan Anti Jamur


9. Membantu Proses Detoksifikasi

    Manfaat kumis kucing selanjutnya adalah membantu proses detoksifikasi tubuh. Kumis kucing dapat membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Minuman herbal ini juga dapat dipadu dengan bahan rempah lain seperti jahe.

10. Anti Jamur

    Kandungan kumis kucing tidak hanya antioksidan, melainkan zat anti jamur yang dapat mencegah parasit dan zat asin lainnya di dalam tubuh. Manfaat kumis kucing ini juga bisa didapat oleh penderita infeksi jamur yang sudah mengalami peradangan.


Cegah Penyakit Ginjal dan Atasi Keputiha


11. Cegah Penyakit Ginjal

    Salah satu manfaat kumis kucing bagi kesehatan yaitu mencegah penyakit ginjal. Kandungan ekstrak yang terdapat pada daun kumis kucing dipercaya mampu mengatasi beberapa penyakit ginjal. Di Indonesia, seringkali daun kumis kucing dijadikan teh yang digunakan untuk menghancurkan batu ginjal. Sehingga mengonsumsi ekstrak daun kumis kucing secara teratur sangat efektif bagi penderita penyakit ginjal.

12. Mengatasi Keputihan

    Daun kumis kucing memiliki sifat antibakteri dan antimikroba. Salah satu penyebab keputihan yang paling umum adalah jamur dan bakteri. Bacterial vaginosis adalah infeksi bakteri yang cukup umum yang bisa menyebabkan keputihan. Ini menyebabkan peningkatan keputihan memiliki bau yang kuat. Infeksi jamur dan ragi juga menyebabkan keputihan berlipat ganda di luar kendali dalam situasi tertentu.

    Caranya cukup mudah cukup dengan ambil 1 genggam daun kumis kucing, 1 genggam daun beluntas, 1 sendok jinten hitam, 10 biji kemukus dan air secukupnya. Kemudian rebus semua bahan tadi hingga mendidih. Minum 2 kali sehari secara rutin.

Obati Infeksi Saluran Kemih dan Gusi Bengkak



13. Mengobati Infeksi Saluran Kemih

    Manfaat kumis kucing bagi kesehatan selanjutnya, yaitu dapat mengobati infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan ekstrak daun kumis kucing memiliki sifat membersihkan traktat dan memperlancar kerja sistem tubuh. Sehingga hal ini dipercaya ampuh dalam pengobatan terhadap infeksi saluran kemih dan juga menurunkan risiko masalah kandung kemih di masa mendatang.

    Untuk mendapatkan manfaat ekstrak daun kumis kucing ini cukup mudah, Anda hanya perlu menyeduh teh daun kumis kucing secara teratur. Lakukan cara ini secara berulang, sehingga dapat memberikan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh.

14. Mengobati Gusi Bengkak

     Manfaat kumis kucing yang lainnya adalah dapat mengobati gusi bengkak. Ketika seseorang menderita penyakit gusi berdarah, maka dapat diatas dengan berkumur menggunakan ekstrak daun kumis kucing.


SEMOGA BERMANFAAT !!!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.