ADSENSE

» » Tips Liburan Akhir Tahun yang Aman dan Berarti



   Momen akhir tahun biasanya merupakan momen favorit untuk liburan, baik itu libur bersama keluarga maupun libur sendirian atau dengan teman-teman. Namun selain buat seru-seruan, libur akhir tahun juga bisa dimanfaatkan untuk ajang refleksi santai perjalanan hidup setahun kebelakang, sehingga selain mendapatkan keceriaan, liburannya juga bisa lebih berarti.

Berikut adalah 5 tips untuk mempersiapkan rencana libur akhir tahun agar lebih lancar dan seru:

1. Menentukan destinasi wisata dan aturan yang diterapkan di tempat tersebut

Saat kondisi pandemi, memilih destinasi wisata harus lebih berhati-hati. Selain memilih tempat yang cocok, juga harus diperhatikan keamanannya. Wilayah destinasi wisata di zona hijau bisa menjadi pilihan utama, demikian juga dengan destinasi wisata alam di mana kita bisa mendapatkan ruang gerak yang lebih luas untuk menghindari kontak dengan orang lain. Selain itu tempat wisata yang berpotensi untuk membludak saat akhir tahun sebaiknya dihindari.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah aturan-aturan khusus yang diterapkan di wilayah destinasi wisata tersebut. Tiap-tiap pengelola tempat wisata bisa mengeluarkan aturan yang berbeda di masa pandemi, mulai dari syarat wajib sudah divaksin, tes PCR, cara membeli tiket masuk, jam operasional, kapasitas pengunjung, hingga hal apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Jangan sampai ketika sudah sampai di destinasi wisata ada syarat-syarat yang membuat kita tidak leluasa menikmati liburan di tempat tersebut.

2. Patuhi protokol kesehatan

Walaupun saat ini bepergian dan beraktifitas di luar rumah sudah lebih dapat dilakukan, namun kita harus tetap ketat dalam menjaga protokol kesehatan. Pastikan kita membawa tas siaga COVID-19 yang berisi masker cadangan, hand sanitizer, sabun cuci cair, tisu basah, kantong penyimpan masker kotor, serta peralatan ibadah dan makan pribadi. 

3. Rencanakan liburan dari jauh hari

Merencanakan liburan jauh hari sebelumnya memiliki beberapa keuntungan, misalnya kita bisa mendapatkan hotel atau tiket wisata dengan harga diskon alih-alih liburan mendadak dan mendapatkan rate hotel yang tinggi. Perencanaan liburan jauh hari juga penting untuk memastikan bahwa saat liburan kita tidak terganggu dengan hal-hal yang kurang mengenakkan, misalnya sambil liburan masih memikirkan pekerjaan karena belum direncanakan dengan baik.

4. Perhatikan kondisi kesehatan

Liburan tidak akan bisa dinikmati kalau kondisi tubuh sedang tidak sehat. Selain itu dalam kondisi pandemi seperti saat ini, bepergian dalam keadaan yang kurang sehat atau kurang bugar bisa berisiko tinggi, karena saat liburan fisik seringkali jadi lebih lelah dan imun jadi menurun. Jangan lupa untuk tetap menjaga pola makan juga selama liburan ya!

5. Refleksi tahunan

Liburan merupakan waktu yang bisa digunakan untuk melakukan refleksi selama setahun terakhir. Momen santai dan tidak sedang melakukan aktifitas rutin akan membuat pikiran lebih jernih saat melakukan refleksi. Selain itu liburan juga bisa digunakan untuk menyusun rencana-rencana kita setahun ke depan. Apalagi jika liburan dilakukan bareng keluarga, rencana bisa disusun bersama-sama.

Nah, itu tadi 5 tips untuk merencanakan liburan akhir tahun agar makin seru, aman dan berarti.

SELAMAT LIBURAN AKHIR TAHUN !!!

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply