ADSENSE

» » BPBD DKI Jakarta Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sumur

BPBD DKI Jakarta memberikan bantuan untuk korban gempa Sumur, Pandeglang. Bantuan diterima Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban di halaman Pendopo, Senin (17/01/2022).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) memberikan bantuan logistik dan puluhan personel gabungan untuk membantu warga korban gempa bumi di Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten. Bantuan tersebut diterima Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban di Pendopo Pandeglang, Senin (17/01/2022).

 

Ada 29 item yang dibawa dengan menggunakan 20 mobil kebencanaan. Tidak hanya logistik, BPBD DKI Jakarta juga menurunkan 80 personel Tim Respon Cepat (TRC) untuk bertugas di lapangan.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto mengatakan, penanganan kebencanaan merupakan tanggung jawab bersama. Oleh sebab itu, saat dirinya mendapat tugas dari Gubernur Jakarta, pihaknya langsung meluncur dengan tim.

 

“Saat ada intruksi bapak Gubernur kita langsung berangkat ke Pandeglang. Kita bawa 20 mobil bok kebencanaan berisi logistik dan 80 personil TRC. Kita bawa kasur, makanan, perlengkapan dapur, velbed dan bahan lainnya sebanyak 29 item,” kata dia.

 

Petugas gabungan yang diturunkan untuk membantu korban gempa di Kabupaten Pandeglang, kata dia, sebanyak 80 personel yang berasal dari BPBD, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat), Satpol PP, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, serta Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Kominfotik) DKI Jakarta.

 

Setelah menyerahkan bantuan secara simbolis, lanjut Sabdo, pihaknya bersama tim akan langsung menuju lapangan mendistribusikan bantuan.

 

“Kami ingin berbuat untuk warga, kami akan bantu bersihkan. Sekiranya ada lokasi kami akan dirikan tenda dan dapur umum di lokasi bencana,” imbuh dia.

 

Baca: BMKG Catat 40 Kali Gempa Susulan Setelah Gempa Sumur

 

Baca: Menko PMK Tinjau Korban Gempa, Tunggu Data Jumlah Kerusakan di Pandeglang

 

Sementara, Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemprov DKI Jakarta untuk korban gempa di Pandeglang.

 

Menurut Tanto, bantuan ini sangat bermanfaat untuk warga Pandeglang yang terdampak gempa bumi beberapa hari lalu.

 

“Dari 35 kecamatan hampir 85 persen yang terdampak, kurang lebih ada 29 kecamatan yang rumahnya rusak, baik berat, sedang dan ringan,” ujar dia.

 

Masih kata Tanto, pihaknya mengungkapkan pada bencana gempa bumi tidak memakan korban jiwa, hanya beberapa warga yang luka. Kerusakan terparah yakni rumah warga dan sarana prasarana.

 

“Mungkin ini salah satu dampak mitigasi bencana yang setiap saat disosialisasikan, kita tahu Pandeglang daerah yang rawan bencana. Kita akan terus lakukan mitigasi bencana agar masyarakat paham apa yang dilakukan jika bencana itu terjadi apalagi adanya isu megathrust,” tuturnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply