Bupati Pandeglang Resmikan UDD dan Klinik Rusdinar PMI

Bupati Pandeglang, Irna Narulita meresmikan Unit Donor Darah (UDD) dan Klinik Rusdinar PMI Pandeglang, Rabu (12/01/2022).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita meresmikan Unit Donor Darah (UDD) dan Klinik Rusdinar Palang Merah Indonesia (PMI) Pandeglang. Dengan diresmikannya klinik tersebut, Irna mengatakan, pemerintah sangat terbantu dalam pelayanan kesehatan bagi masyarakat.


“Kerja PMI sangat nyata, apalagi sekarang ada kliniknya, tentu ini menambah pelayanan kesehatan khususnya bagi masyarakat menengah ke bawah, kata Irna pada saat peresmian UDD dan Klinik Rusdinar milik PMI Pandeglang, Rabu (12/01).


Irna menambahkan, PMI sejauh ini sangat besar peranannya dalam penanggulangan kesehatan, kebencanaan, dan kegiatan sosial lainnya. Apalagi dengan hadirnya klinik, lanjut dia, PMI akan semakin memantapkan peranannya.


“PMI adalah mitra strategis pemerintah dalam meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Jika RSUD full bed, mungkin bisa juga ditangani disini,” ungkapnya.


Baca: Ratusan Kepala Sekolah SD di Pandeglang Dilantik


Baca: Aksi Sosial, Kapolres Beri Bantuan Semen untuk Pembangunan Masjid


Ditempat sama, Ketua PMI Pandeglang, Gunawan mengatakan, tugas PMI diantaranya kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan transfusi darah, pembentukan dan pembinan sukarelawan, dan pelayanan sosial kesehatan masyarakat.


“PMI pandeglang akan terus berupaya lagi sehingga keberadaannya lebih dirasakan oleh masyarakat. Tujuan kami melaksanakan tugas kemanusiaan yang tidak memandang ras golongan,” imbuh dia.


Gunawan menambahkan, bangunan UDD anggarannya berasal dari hibah Pemkab Pandeglang. Sedangkan bangunan klinik sendiri berasal dari Taipei Economic Trade Office (TETO) yang digulirkan melalui PMI pusat.


“Kemanusiaan butuh dukungan kuat dari pemerintah. Tanpa itu PMI akan kesulitan dalam membangun semangat kemanusiaan, semua ikut andil dalam pengembangan kepalangmerahan,” ujar dia.


Sementara, Kepala Bidang Kebencanaan PMI Banten, Jaenudin mengatakan, terkait nama Klinik Rusdinar, kata dia, nama tersebut diambil sebagai penghargaan kepada ketua PMI Pandeglang periode 2012-2017 yaitu almarhumah Tita Rusdinar.


“Beliau berkontribusi nyata untuk PMI Pandeglang, hari ini kita wujudkan impiannya PMI terus berkontribusi pada aspek kemanusiaan,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.