ADSENSE

» » Kunjungi Sumur, Mensos Risma Bakal Bangun Lumbung Sosial

Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini saat mengunjungi Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Senin (17/01/2022).

KRAKATAURADIO.COM, SUMUR - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini menyatakan bakal membangun lumbung sosial sebagai langkah mitigasi untuk memenuhi kebutuhan pangan di wilayah rawan gempa dan tsunami di Pandeglang, Banten.

 

Risma mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan Bupati Pandeglang Irna Narulita terkait pembangunan lumbung sosial tersebut.

 

“Saya sudah berbicara dengan Bupati terkait mitigasi bencana, yakni bagaimana untuk kedepanya untuk mitigasi ini, memang sudah banyak jalur evakuasi di wilayah sini tapi minimal jalur evakuasi ini jangan sampai jauh dari rumah-rumah warga,” kata Risma didampingi Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat meninjau korban gempa bumi di Kampung Paniis, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang, Senin (17/01).

 

Dalam kunjungan tersebut, Risma menegaskan, mitigasi bencana sangat penting dan menjadi kunci utama bagi keselamatan masyarakat dalam menghadapi bencana.

 

Selain langkah mitigasi atau mengurangi risiko dampak bencana dengan membangun lumbung sosial, lanjut Risma, juga perlu membangun tempat-tempat pengungsian yang mudah diakses warga.

 

“Setelah melihat kondisi langsung di lapangan, wilayah yang yang ditinggali warga masuk zona merah, sangat dekat dengan bibir pantai, jadi rawan saat bencana datang baik gempa maupun tsunami, maka dari itu mitigasi bencana sangatlah penting untuk keselamatan warga,” ucapnya.

 

Baca: BPBD DKI Jakarta Salurkan Bantuan untuk Korban Gempa Sumur

 

Baca: BMKG Catat 40 Kali Gempa Susulan Setelah Gempa Sumur

 

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, Pemkab Pandeglang terus berupaya melakukan penanganan dan mitigasi bencana kepada masyarakat melalui upaya penyuluhan, sosialisasi dan lain sebagainya.

 

“Pandeglang merupakan wilayah yang rawan bencana maka dari itu kita harus tanggap dan sigap dalam menghadapi bencana ini, terutama adalah terkait mitigasi bencana,” ujar Irna.

 

Dalam kesempatan tersebut, Risma juga menyerahkan bantuan senilai Rp 914,75 juta untuk penanganan korban gempa. Total nilai bantuan tersebut terdiri atas paket logisitik bencana, 2 unit genset, paket sembako 500 paket, dan paket permainan anak.

 

Untuk diketahui, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang merupakan pusat gempa bermagnitudo 6,6 yang terjadi pada Jumat (14/01/2022) lalu. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply