ADSENSE

» » Siap-siap, Reaktivasi Jalur KA Pandeglang-Labuan Dilanjut Lagi Tahun Ini

Ilustrasi kereta api.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Plt Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Pandeglang, Tatang Muhtasar mengatakan, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) kembali melanjutkan rencana reaktivasi jalur kereta api segmen 2 dari Pandeglang menuju Labuan.

 

“Kebetulan kemarin dapat kabar baik untuk khususnya warga Labuan dan sekitarnya, dari KAI itu kemarin menyampaikan akan segera mereaktivasi jalur kereta api yang telah lama tidak aktif dari Rangkas ke Labuan. Cuma memang yang diprioritaskan untuk tahun 2022 itu di Kadomas dulu,” kata Tatang saat dihubungi Krakatau Radio via telepon, Rabu (12/01).

 

Tatang menjelaskan, Kemenhub tahun ini akan mulai melakukan studi kelayakan di jalur mati sepanjang 37,9 kilometer tersebut.

 

“Nah progresnya tahun 2022 insya Allah akan ada inventarisasi tim pencari lahan dari Kadomas ke Labuan sepanjang 37 kilometer,” sambungnya.

 

Reaktivasi ini akan dimulai dengan studi dampak sosial kemasyarakatan. Ia merinci, akan ada target puluhan kelurahan dan Desa di Pandeglang untuk dii dalam lanjutan kelayakan reaktivasi jalur kereta api yang mati itu.

 

“Yang jelas kami hanya punya inventarisasi kasar dari camat-camat atau kepala desa yang ada di yang terlewati jalur kereta api,” katanya.

 

Baca: Vaksinasi di Pandeglang Capai Target, Pemkab Fokus Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun

 

Baca: Kapolsek Gercep Evakuasi Pohon Tumbang Didepan Kantor Kecamatan Mandalawangi

 

Pihaknya belum bisa merinci berapa jumlah pemukiman penduduk yang akan direlokasi atas dampak dari reaktivasi tersebut. Keputusan itu baru bisa disimpulkan setelah studi kelayakan berjalan pada tahun ini oleh Kemenhub dan KAI.

 

“KAI ini menyampaikan yang pertama itu inventarisasi dulu nih lahannya punya siapa dan berapa keseluruhan, memang nanti kan ada biaya kerohiman bukan penggantian,” terangnya.

 

Saat ditanya mengenai sosialisasi kepada warga yang terdampak dari reaktivasi jalur KA ini, pihaknya mengaku sudah menyampaikan hal tersebut pada tahun lalu.

 

“Tahun 2021 kami kebetulan di Dishub itu sesuai dengan perintah ibu Bupati sudah melakukan itu. Sudah menyampaikan, camat-camat diperintahkan yang terlewati oleh jalur kereta api itu untuk mensosialisasikan itu dan catatan secara kasarnya memang kami sudah punya yang dari Kadomas sampai dengan Labuan itu,” pungkasnya.

 

Untuk jumlah Kecamatan yang terlewati jalur KA ini, lanjut dia, yakni Kecamatan Pandeglang, Majasari, Cimanuk, Saketi, Menes, Cikedal, dan Labuan. Adapun, jumlah stasiun dari Rangkasbitung menuju Labuan sendiri sebanyak 7 stasiun. Stasiun Rangkasbitung dan Warunggunung di Kabupaten Lebak, serta Stasiun Pandeglang, Kadu Kacang, Saketi, Menes dan Labuan di Kabupaten Pandeglang. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply