ADSENSE

» » Harga Kedelai Mahal, Pemkab Pandeglang Akan Gelar Rapat Pekan Depan

Perajin tahu di Kadubanen Pandeglang saat melakukan produksi.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Harga kedelai mengalami peningkatan belakangan ini. Harga kedelai yang semula Rp 8 ribu sampai Rp 9 ribu/kg, kini mencapai Rp 12 ribu/kg. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang melalui Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) akan melakukan rapat koordinasi pada pekan depan untuk mencari solusi dari persoalan ini.

 

“Kita mau rapat itu hari Senin dengan TPID (Tim Pengendalian Inflasi Daerah) ya, nanti hasilnya akan saya sampaikan upaya apa yang akan kita lakukan ya karena ini bukan hanya Pandeglang, Serang juga naik,” kata Kepala Diskoperindag Kabupaten Pandeglang, Suaedi Kurdiatna kepada Krakatau Radio, Jumat (18/02).

 

Ia menduga, kenaikan harga kedelai ini disebabkan beberapa faktor, diantaranya jumlah pasokan yang sedikit atau adanya oknum yang menimbun pasokan. Namun, untuk lebih jelasnya, lanjut dia, pihaknya akan menulusuri apa penyebab pasti dari kenaikan harga kedelai ini.

 

Baca: Pengrajin Tahu di Pandeglang Menjerit, Harga Kedelai Merangkak Naik

 

Baca: Bawaslu Pandeglang Ajukan Anggaran Pilkada 2024 Rp 32 Miliar, Revisi dari Sebelumnya Rp 29 Miliar

 

Sejauh ini, pihaknya terus melakukan pemantauan dan melaporkan harga bahan-bahan pokok di pasaran ke Pemerintah Provinsi. Ia mengaku saat ini pihaknya masih fokus mengatasi kekurangan pasokan minyak goreng serta menstabilkan harganya.

 

“Kita memang mengamati bahan-bahan pokok tiap hari kita pantau. Ya mudah-mudahan kita bisa cepat cari solusi ya, jadi memang awalnya kita fokus kepada minyak ga taunya ini ada komunitas yang ikut-ikutan melejit,” ujarnya.

 

Selain berkoordinasi dengan TPID, pihaknya nanti akan berkoordinasi dengan Bulog dan Dinas Perdagangan dan Koperasi Provinsi Banten. Adapun para pengrajin tahu dan tempe di Pandeglang, kata dia, biasa membeli kedelai sebagian di wilayah Pandeglang dan sebagian di Serang.

 

“Ada di Pandeglang ada diluar Pandeglang juga ada tergantung langganan itu mah. Hanya yang jelas di Banten ini memang mengalami kenaikan, Serang mengalami kenaikan juga dari 8 ribu menjadi 12 ribu per kilo. Mudah-mudahan kita nanti bisa cepat diambil solusi ya, nanti hari Senin kita rapat,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply