Pantai Favorit Keluarga di Labuan Dibersihkan, Pengumpul Sampah Terbanyak Dapat Hadiah

Aksi bersih-bersih di Pantai Ceria di Kampung Lampe, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, lewat kegiatan Coastal Cleanup, Jumat (11/03/2022).

KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Salah satu destinasi pantai favorit keluarga di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Pantai Ceria (Pancer) yang ada di Kampung Lampe, Desa Cigondang, dibersihkan lewat aksi sosial Coastal Cleanup bersih-bersih pantai yang digelar Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Banten 2 Labuan, OMU (Operation and Maintenance Services Unit), Jumat (11/03/2022). Dalam kegiatan ini, panitia memberi hadiah kepada kelompok yang mengumpulkan sampah terbanyak.

 

General Manager Indonesia Power (IP) PLTU Banten 2 Labuan, I Dewa Made Suci mengatakan, kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya dalam menjaga lingkungan dan dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan.

 

Ia berharap dengan pantai yang bersih, angka wisatawan yang berkunjung akan meningkat dan meningkatkan perekonomian masyarakat.

 

“Kegiatan hari ini adalah untuk membersihkan pantai dan tentunya ini merupakan gerakan untuk mensupport lingkungan yang diikuti oleh stakeholder yang ada di Labuan dan Pandeglang pada umumnya sehingga ini bisa sinergi juga ya bersama-sama untuk mensupprot kebersihan pantai dan tentunya bisa kedepan memberikan lingkungan yang bersih kepada anak cucu kita,” kata dia ditemui di lokasi kegiatan.

 

Ia menambahkan, kegiatan yang diikuti sekitar 200 orang dari berbagai kalangan ini di support oleh PLN, Muspika Labuan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pandeglang, TNI Angkatan Laut (AL), LSM pemerhati lingkungan, pramuka, karang taruna dan pihak lainnya.

 

Selain dekat dengan PLTU, kata dia, dipilihnya lokasi tersebut juga untuk memberi contoh kepada masyarakat sekitar agar dapat menjaga lingkungan.

 

Baca: Ditresnarkoba Polda Banten dan Polres Pandeglang Ungkap Penyelundupan 23 Kg Sabu

 

Baca: Untirta Akan Kembangkan Pangan Lokal Kelas Dunia, Bupati Irna Optimis Angkat Perekonomian Masyarakat

 

Aksi bersih-bersih sampah di Pantai Ceria, Kampung Lampe, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Pandeglang, Jumat (11/03/2022).

Menurut dia, perlu edukasi secara terus menerus agar kesadaran masyarakat dapat tumbuh dalam menjaga kebersihan.

 

“Perlu edukasi juga untuk meningkatkan kepedulian terhadap sampah yang ada di sekitar kita. Sebenarnya sampah ini juga bisa dipisahkan ya antara yang organik dan non organik supaya membantu juga di pihak TPA jadi disitu bisa terpisahkan antara sampah yang ramah lingkungan dan sampah yang tidak ramah lingkungan,” bebernya.

 

Adapun total sampah yang terkumpul dari kegiatan tersebut, yakni 443,5 kg sampah organik dan 208 kg sampah non organik. Sampah tersebut langsung dibuang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) oleh DLH.

 

Selepas membersihkan sampah, panitia juga membagikan doorprize dan konsumsi bagi yang mengikuti kegiatan tersebut. Kelompok pengumpul sampah terbanyak juga diberi hadiah untuk memotivasi agar dapat melestarikan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.