ADSENSE

» » Untirta Akan Kembangkan Pangan Lokal Kelas Dunia, Bupati Irna Optimis Angkat Perekonomian Masyarakat

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menghadiri pembukaan lahan persiapan kampus Untirta Pandeglang, di Desa Kaduela, Kecamatan Cadasari, Rabu (09/03/2022).

KRAKATAURADIO.COM, CADASARI - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan mengembangkan pangan lokal Pandeglang berkelas dunia. Kepastian ini disampaikan Rektor Untirta, Prof Fatah Sulaeman dihadapan Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat land clearing atau pembukaan lahan persiapan kampus Untirta Pandeglang, di Desa Kaduela, Kecamatan Cadasari, Rabu (09/03/2022).

 

Sebelumnya, lahan 6,8 hektar didapatkan melalui hibah dari Pemerintah Daerah (Pemda) Pandeglang. Prof Fatah mengatakan, tahap pertama pembangunan akan dibuat tempat riset untuk pengembangan produk pertanian.

 

“Disini akan berkumpul banyak pakar pertanian, kita akan kembangkan pangan lokal Pandeglang yang berkelas dunia, kami akan konsen lakukan itu,” kata dia.

 

Adapun terkait anggaran pembangunan, pihaknya mengaku sedang mengajukan dana kontijensi dari Islamic Developmen Bank. Anggaran tersebut dapat dilakukan untuk pembangunan infrastruktur.

 

“Tahapan terus berlanjut, mungkin tidak seluruhnya di periode sekarang, tapi Ibu Bupati sudah menanam jejak yang indah ini di tanah Kaduela yang akan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” imbuhnya.

 

Ia menambahkan, wacana pembangunan kampus Untirta di Pandeglang, sudah dirintis sejak kepemimpinan Bupati Dimyati Natakusumah. Namun sempat tersendat dalam prosesnya.

 

“Alhamdulillah sekarang terwujud, semoga memberikan keberkahan dan manfaat yang besar bagi masyarakat,” ujar dia.

 

Baca: RSUD Labuan Dibangun, Bupati Irna Harap Derajat Kesehatan Masyarakat Meningkat

 

Baca: Wow, Polres Pandeglang Amankan 7 Orang Pelaku yang Bawa Sabu Seberat 23 Kilo yang Masuk di Jalur Laut

 

Ditempat sama, Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, lahan yang dihibahkan merupakan milik masyarakat yang diamanahkan kepada Pemda Pandeglang. Oleh sebeb itu, Irna berharap dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat Pandeglang.

 

“Dengan adanya pengembangan potensi pertanian di Pandeglang dapat meningkatkan taraf ekonomi petani, karena produk yang keluar bahan jadi bukan bahan mentah. Riset seperti ini sangat diharapkan oleh petani kami dalam pengembangan produk unggulan pertanian seperti beneng yang saat ini sudah mendunia,” ujar dia.

 

Menurut Irna, pihaknya sangat senang bisa ada kampus negeri di Pandeglang sekelas Untirta. Ia optimis hal ini akan mengangkat sektor perekonomian, karena akan membuka berbagai potensi pemasukan bagi masyarakat.

 

“Disini ekonomi masyarakat akan berkembang seiring keberadaan kampus, mulai dari pedagang hingga rumah kos kosan untuk mahasiswa,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply