Cakupan Imunisasi Rutin dan Lanjutan di Pandeglang Menurun, Pemkab Lakukan Ini

Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) serentak di Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Senin (01/08/2022).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pandemi Covid-19 yang mewabah dalam 2 tahun terakhir membuat cakupan imunisasi rutin dan lanjutan di Kabupaten Pandeglang menurun. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang gencar melakukan program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) serentak.

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Rd Dewi Setiani mengatakan, dampak dari penurunan cakupan tersebut, dapat dilihat dari adanya peningkatan jumlah kasus Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi (PD3I), dan kejadian Luar Biasa (KLB) PD3I seperti campak, rubela dan difteri di beberapa wilayah.

 

“Hal ini disebabkan dari jumlah anak-anak yang tidak mendapatkan imunisasi rutin lengkap sesuai usia,” kata dia saat meluncurkan BIAN serentak di Kecamatan Mandalawangi, awal pekan.

 

Kata Dewi, sasaran imunisasi BIAN Kabupaten Pandeglang untuk imunisasi campak rubella usia 9 sampai 59 bulan tanpa melihat status imunisasi yang telah diterima sebelumnya, yakni sebesar 90.974 anak. Sasaran imunisasi kejar anak usai 12 sampai 59 bulan yang belum lengkap imunisasi Oral Polio vaccine (OPV) sebanyak 7.749 anak, Injeksi Polio Vaccine (IPV) 23.496 anak, dan DPT/HB 10.906 anak.

 

“Ini yang menjadi sasaran dan harus dilengkapi imunisasinya pada pelaksanaan BIAN di Pandeglang,” ujarnya.

 

Baca: Ratusan Bendera Merah Putih Warnai Kampung Leuweung Kolot, Juara Banget!

 

Baca: Terkenal Kotor dan Jutek, Ini Langkah Dirut RSUD Berkah Rubah Pelayanan ke Pasien

 

BIAN di Pandeglang sendiri telah dimulai sejak tanggal 1 Agustus hingga 14 September 2022. Kegiatan ini, lanjut dia, untuk mencapai dan mempertahankan kekebalan populasi yang tinggi dan merata sebagai upaya mencegah terjadinya KLB PD3I.

 

Sementara Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, BIAN di Pandeglang dilaksanakan di seluruh Puskesmas. Ia menilai, untuk sukesnya BIAN dan mencapai derajat kesehatan masyarakat yang tinggi, harus dilakukan secara masif baik oleh pemerintah maupun lapsan terkait lainnya yang membantu.

 

“Saya mengimbau kepada semua jajaran kesehatan, para camat, Kepala Desa, akademisi dan jajaran swasta untuk bersama mensukseskan BIAN. Semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik dan lancar, kami harapkan dukungan semua pihak terkait sehingga sukses pelaksanaan BIAN di Pandeglang,” imbuh dia. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.