ADSENSE

» » KKP Bangun Gudang Ikan Beku Berkapasitas 10 Ton di Pandeglang

Gudang ikan beku atau Cold Storage di Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI membangun sarana penyimpanan gudang ikan beku (Cold Storage) untuk pengumpulan hasil tangkapan atau hasil panen. Pembangunan ini dilaksanakan di Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, dengan kapasitas gudang ikan beku mencapai 10 ton.

 

Gudang ikan beku senilai Rp 1.7 miliar ini merupakan bantuan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) sebagai upaya meningkatkan penghasilan para nelayan dan menjaga kualitas ikan tangkapan.

 

Ketua Koperasi Nelayan Putra Lautan, yang ditunjuk untuk mengelola cold storage, Encep Waas mengatakan, dengan adanya gudang ini dapat menyetok ikan lebih banyak untuk mengantisipasi kelangkaan ikan. Cold storage itu dapat menampung ikan sebanyak 10 ton.

 

“Sejauh ini ikan tangkapan selalu habis bahkan kurang, dengan gudang ini bisa nyetok ikan, bahkan bisa mendatangkan ikan untuk di stok agar tidak terjadi kelangkaan ikan,” kata dia.

 

Encep menerangkan, yang menjadi anggota koperasinya kurang lebih ada 62 Kelompok Usaha Bersama (KUB), dengan jumlah 10 orang setiap kelompoknya.

 

“Semuanya ada 600 orang nelayan yang dapat menyimpan ikan disini, mereka bisa menyimpan kurang lebih batasannya selama lima hari, hari berikutnya harus dikeluarkan,” terangnya.

 

Dia menyebut, setiap nelayan yang menyimpan ikannya di gudang beku akan dikenai biaya Rp 200/kg.

 

“Untuk jumlah enggak ada batasan, yang penting lima hari harus sudah dikeluarkan ikannya. Jika sedang panen raya ikan harga biasanya anjlok, untuk menjaga mutu ikan nelayan bisa memasukan ikannya ke gudang beku ini, nanti bisa dikeluarkan setelah harga ikan kembali normal,” bebernya.

 

Baca: Keren, Desa di Pandeglang Ini Masuk 5 Besar Lomba Desa Tingkat Regional

 

Baca: Harga BBM Naik, Forkopimda Pandeglang Bagikan Paket Sembako ke Ojol dan Sopir di Pandeglang

 

Sementara Pj. Sekda Pandeglang, Taufik Hidayat meyakini jika gudang beku portable ini dapat meningkatkan penghasilan para nelayan.

 

“Ikan tangkapan akan tetap segar dan produktivitas bisa ditingkatkan karena ada tempat penyimpanan yang besar,” ucap dia.

 

Dikatakan Taufik, gudang beku portable ini merupakan bagian dari pengembangan industri Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Pandeglang. Hal ini dinilainya untuk mendukung pemenuhan kebutuhan bahan baku dan pencegahan penurunan mutu.

 

“Kami ucapkan terimakasih kepada KKP RI atas pembangunan gudang beku portable di Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi yang sangat berarti bagi peningkatan usaha para nelayan di Pandeglang,” tandasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply