ADSENSE

» » Cegah Stunting, Dinkes Pandeglang Ajak Masyarakat Sukseskan Gerakan #BumilSehat

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Pandeglang, Encep Hermawan bersama Kasi Promosi, Yeti saat talkshow di Krakatau Radio, Senin (19/12/2022).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang menggelar Gerakan Ibu Hamil Sehat secara serentak di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang dimulai pada tanggal 14-22 Desember 2022.

 

Gerakan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan stunting sejak dini serta penurunan risiko kesehatan pada ibu hamil.

 

Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Dinkes Pandeglang, Encep Hermawan mengatakan, kegiatan ini merujuk pada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) berupa pemeriksaan kesehatan ibu hamil secara gratis.

 

“Gerakan Nasional Ibu Hamil dan Sehat ini merupakan kegiatan Kemenkes yang digelar di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan ibu hamil secara gratis. Hal ini guna mencegah stunting sejak dini dan menjaga kondisi ibu hamil agar tetap sehat,” kata dia saat talkshow di Krakatau Radio, Senin (19/12).

 

Dia menjelaskan, gerakan ini penting karena dalam rangka mempercepat penurunan Angka Kematian Ibu (AKI) dan prevalensi balita stunting. Sebab berdasarkan hasil review capaian indikator sasaran RPJMN bidang kesehatan yang dilakukan Bappenas, diperkirakan bahwa indikator AKI dan Stunting belum mencapai target yang ditentukan.

 

“Perkiraan AKI di tahun 2024 mencapai 244 per 100.000 KH. Angka ini masih sangat jauh dari target 183 per 100.000 KH, demikian juga dengan perkiraan prevalensi balita stunting di tahun 2024 mencapai 16.1 persen yang masih jauh dari target 14 persen,” ujarnya.

 

Dia menyebut, salah satu faktor risiko yang berkontribusi pada kematian ibu dan stunting adalah anemia pada ibu hamil.

 

“Berdasarkan Riskesdas, prevalensi anemia pada ibu hamil mengalami peningkatan yaitu dari 37.1 persen di tahun 2013 menjadi 48.9 persen di tahun 2018,” ucap dia.

 

Baca: Kabar Gembira! Jelang Akhir Tahun TNUK Umumkan Kelahiran 2 Anak Badak Jawa

 

Baca: Pulang Jelajah di Gunung Aseupan, Truk Pengangkut Siswa Terguling di Jiput

 

Sementara, Kepala Dinkes Pandeglang, Rd Dewi Setiani menuturkan, dalam rangka peringatan Hari Ibu pada 22 Desember 2022, pihaknya mengajak masyarakat mensukseskan Gerakan Nasional Bumil Sehat melalui kampanye #BumilSehat.

 

“Gerakan ini menyasar kepada ibu hamil melalui aktivitas gerakan pemeriksaan ibu hamil minimal enam kali selama kehamilan termasuk dua kali dengan dokter dan USG, semarak kelas ibu hamil melalui makan bersama, minum tablet tambah darah dan dukungan keluarga atau suami, serta apresiasi dan dukungan bumil sehat,” tuturnya.

 

Dewi berharap, kegiatan ini bukan hanya dilakukan oleh pemerintah saja, namun seluruh lapisan masyarakat juga ikut terlibat dalam menyukseskan gerakan #BumilSehat. Termasuk kalangan swasta.

 

“Lokus kegiatan ini adalah puskesmas, rumah sakit, fasilitas pelayanan kesehatan lain, dan tempat-tempat umum seperti perkantoran, sekolah, terminal, bandara, dan pusat perbelanjaan,” pungkasnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply