ADSENSE

» » Dimyati Natakusumah Tekankan Peran Pers di Era Digitalisasi

Anggota Komisi III DPR RI, Dimyati Natakusumah (tengah) saat berfoto bersama dalam acara pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pandeglang, di Pendopo Bupati, Selasa (06/12/2022).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Anggota Komisi III DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Banten 1 (Pandeglang-Lebak) dari Fraksi PKS, Dimyati Natakusumah, mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Pandeglang masa bakti 2022-2025 yang telah resmi dilantik di Pendopo Bupati, Selasa (06/12/2022).

 

Dalam sambutannya, Dimyati membeberkan peran pers di era digitalisasi saat ini. Menurut dia, wartawan memiliki peran penting dan strategis untuk menyebarluaskan informasi yang diberitakannya.

 

“Media bisa memberikan informasi yang luas dan begitu hebat kepada seluruh khalayak masyarakat. Jadi itu karena peran media. Itulah penyebaran informasi yang begitu bermanfaat tapi kalau tanpa didukung dengan digitalisasi di zaman sekarang maka akan tertinggal,” kata Dimyati.

 

Peran wartawan lainnya, lanjutnya, yakni memberikan pendidikan dan membentuk serta meningkatkan wawasan masyarakat.

 

“Kadang-kadang informasi yang kita tidak dapat wartawan sudah dapat duluan. Kemarin kita bertanya ada informasi apa nih, itu yang memberikan informasi tentang yang namanya ilmu pengetahuan, disampaikan oleh wartawan di media menjadi ilmu. Yang tadinya orang tidak tahu menjadi tahu. Yang tadinya orang tidak pintar menjadi pintar,” terangnya.

 

Ditegaskannya, wartawan daerah harus memiliki semangat dan keinginan untuk membangun daerahnya.

 

Ia juga berharap, wartawan khususnya yang tergabung dalam PWI, harus profesional, pintar dan tidak semena-mena membuat berita yang masyarakat kebingungan atau menyesatkan masyarakat.

 

“Yang bisa dilakukan oleh wartawan yaitu mempengaruhi, influence. Wartawan mempengaruhi lewat opini. Ditulis terus dimediakan terus, ratingnya naik, tinggi, popularitasnya tinggi, elektabilitasnya tinggi karena peran wartawan,” pungkasnya.

 

Baca: Pengurus PWI Pandeglang 2022-2025 Resmi Dilantik, Wartawan Diajak Berpacu di Era Digital

 

Baca: Pemkab Salurkan 3 Bantuan Sosial Dampak Kenaikan BBM

 

Sebelumnya, Ketua PWI Banten, Rian Nopandra menekankan bahwa estafet kepemimpinan PWI Pandeglang harus terus bergerak.

 

“PWI ini wadahnya wartawan berkumpul di sini. Mampu meningkatkan kompetensi para anggotanya,” ucap dia.

 

Rian menjelaskan, PWI merupakan salah satu konstituen Dewan Pers, yang dapat melaksanakan uji kompetensi, baik jenjang muda, madya, hingga utama. Maka dia mengimbau wartawan PWI mensyukuri keberadaannya yang tergabung dalam wadah organisasi yang sudah tersertifikasi.

 

“Kepada pengurus PWI Pandeglang mari terus berpacu di era digital. Bagaimana peran PWI mempublikasikan berdasarkan fakta dan meminimalisir informasi sifatnya hoax,” imbuhnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply