Ayo Gabung! Pemkab Beri Beasiswa Pro Kampus S1 Kuliah di Universitas Terbuka

Launching penerimaan calon mahasiswa baru Pro Kampus, di yayasan Sohibul Barokah, Pandeglang, Jumat (03/02/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang membuka beasiswa Program Kurangi Mahasiswa Putus Sekolah (Pro Kampus) yang bekerjasama dengan Universitas Terbuka (UT). Beasiswa ini dibiayai oleh Corporate Social Responsibility (CSR) Kabupaten Pandeglang untuk 100 mahasiswa angkatan pertama.

 

Bupati Pandeglang, Irna Narulita mengatakan, saat ini kualifikasi pendidikan Strata Satu (S1) di Kabupaten Pandeglang terbilang masih minim. Oleh sebab itu untuk meningkatkan kualifikasi pendidikan, Pemkab membuka program beasiswa Pro Kampus.

 

“Kurang lebih baru 4 persen kualifikasi pendidikan S1 di Pandeglang. Kami harap pro kampus ini bisa meningkatkan kualitas pendidikan di Pandeglang,” kata dia saat launching penerimaan calon mahasiswa baru Pro Kampus di yayasan Sohibul Barokah, Jumat (03/02/2023).

 

Guna meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM), maka harus didominasi dari kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) diantaranya kualitas pendidikan yang harus ditingkatkan.

 

“Indeks pembangunan manusia kita kurang lebih diangka 6,5 persen, indeks ini berkaitan dengan pendidikan, kami ingin mengangkat harkat dan derajat agar masyarakat kami punya daya saing,” ujarnya.

 

Baca: Keren, Putra Pandeglang Jadi Anggota KPU Australia dengan Nilai Tertinggi

Brosur penerimaan calon mahasiswa baru Pro Kampus.

Ditempat sama, Rektor UT Serang, Prof Dr. Ojat Darojat menyatakan, beasiswa Pro Kampus merupakan kesempatan besar bagi warga Pandeglang dan bagi pihaknya dalam mendapatkan amanah membina anak bangsa yang ada di Pandeglang.

 

“Pemkab sudah memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk menempuh pendidikan strata satu dengan gratis. UT bisa berbagi akses pendidikan di Pandeglang itu luar biasa,” ucap dia.

 

Menurut Ojat, tujuan dari UT didirikan 38 tahun yang lalu, diantaranya untuk menyelesaikan masalah akses pendidikan.

 

“Jadi UT di desain bagaimana caranya warga bangsa kita di pelosok semuanya harus dapat menikmati jasa perguruan tinggi,” imbuhnya.

 

Baca: 8 Kampus Terima Program Beasiswa Pro Kampus yang Diluncurkan Bupati Pandeglang

 

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Dindikpora) Pandeglang, Sutoto mengatakan, dalam beasiswa Pro Kampus, Pemkab Pandeglang menyiapkan kuota sebanyak 100 orang.

 

“Mereka yang daftar dari SMA, SMK, dan sederajat. Seleksi lebih ke administrasi dan mereka semua berdomisili di Pandeglang,” tutur dia.

 

Adapun, kata dia, syarat calon mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa Pro Kampus diantaranya merupakan warga kurang mampu. Selain itu, mereka harus menyanggupi untuk sampai lulus dan jangan sampai putus di tengah jalan.

 

“Kita prioritaskan warga tidak mampu yang ikut seleksi. Mereka harus membuat kesanggupan hingga selesai kuliah, jika tidak, ada konsekuensinya harus ada pengembalian. Jika mereka tidak lulus tepat waktu selanjutnya pembiayaan ditanggung sendiri. Untuk itu harus serius dalam kuliah ini jangan main-main,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.