Harga Daging Diprediksi Capai Rp 180 Ribu Saat Lebaran Idul Fitri

Salah satu pedagang daging di pasar baru Labuan, Kabupaten Pandeglang, Rabu (05/04/2023).

KRAKATAURADIO.COM,LABUAN - Menjelang hari raya Idul Fitri 1444 H, harga bahan pangan di wilayah Pandeglang, Banten, mengalami kenaikan, salah satunya harga daging segar. Harga komoditas tersebut saat ini bergerak di angka Rp 150 ribu dan diperkirakan mencapai hingga Rp 180 ribu/kilogram (kg) pada beberapa hari menjelang Lebaran.

 

Perkiraan meningkatnya harga daging sapi dan daging kerbau segar ini terjadi seiring dengan meningkatnya permintaan masyarakat.

 

Salah satu pedagang daging di pasar baru Labuan, Kohal mengatakan, saat ini harga daging sapi dibanderol Rp 150 ribu/kg. Harga itu mengalami penurunan jika dibandingkan harga sebelum Ramadan atau momentum munggahan yang mencapai Rp 170 ribu/kg.

 

Ia menuturkan, faktor mahalnya daging karena langkanya stok dan mahalnya harga satuan ekor kerbau maupun sapi di petani.

 

“Mahal, langka lagi kerbaunya. Prediksinya bakal naik menjelang lebaran,” kata dia, Rabu (05/04).

 

Ia mengaku, harga daging segar memang mengalami peningkatan secara perlahan, terlebih menjelang momen Lebaran yang mana kebutuhan masyarakat akan bahan pangan tersebut sedang tinggi-tingginya.

 

Baca: Ini Dia Update Harga Bahan Pokok di Pasar Labuan pada Pekan Kedua Ramadan

 

Baca: Jelang Pertengahan Ramadan, Harga Daging Ayam Potong di Labuan Capai Rp 35 Ribu

 

Sementara itu, harga daging sapi segar di Pasar Pandeglang, diketahui Rp 130 ribu/kg atau berbeda Rp 20.000 ribu dengan harga di Labuan.

 

Kepala Dinas Koperasi Usaha Mikro Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Pandeglang, Suaedi Kurdiatna mengatakan, dengan adanya kenaikan tersebut, ia menyebut ada permainan harga di pedagang.

 

Apalagi menjelang lebaran Idul Fitri, lanjutnya, dimana masyarakat berbondong-bondong membeli kebutuhan sandang dan pangan.

 

“Biasa itu mah pedagang. Kadang-kadang itu bukan masalah stok sih, tapi euforia lebaran mau main naik-naikan (harga). Langka bagaimana, kemarin aja kan dari provinsi melakukan operasi pasar murah untuk daging 95 ribu di Pandeglang, kemudian di Panimbang,” tandasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.