Mau Pulang ke Kampung Halaman? Ini Tips Mudik Aman Pakai Kendaraan Pribadi

Kanit Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas (Kamsel) Satlantas Polres Pandeglang, Ipda Moh Irfan Fauzi saat talkshow di Krakatau Radio, Kamis (13/04/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Mudik merupakan tradisi orang Indonesia untuk pulang ke kampung halaman pada saat libur panjang atau perayaan tertentu, seperti Lebaran Idul Fitri. Mudik pakai kendaraan pribadi menjadi pilihan banyak orang. Namun hal ini membutuhkan persiapan dan kewaspadaan yang lebih tinggi untuk memastikan keselamatan selama perjalanan.

 

Berdasarkan survey Kementerian Perhubungan (Kemenhub), musim mudik lebaran tahun ini diperkirakan ada 27,32 juta orang yang akan menggunakan mobil pribadi dan 25,13 juta menggunakan sepeda motor. Jalur mudik diprediksi akan padat terutama pada 19-24 April 2023. Selain itu ada sekitar 22,77 juta orang yang akan mudik menggunakan bus.

 

Kepala Unit (Kanit) Keamanan dan Keselamatan Berlalu Lintas (Kamsel) Satlantas Polres Pandeglang, Inspektur Polisi Dua (Ipda) Moh Irfan Fauzi mengatakan, sebelum memutuskan untuk mudik memakai kendaraan pribadi, pastikan kita sudah siap dan telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang.

 

Ia pun menyampaikan beberapa tips mudik yang aman saat menggunakan sepeda motor.

 

“Jadi saya membuat tips yang pertama tentunya periksa kondisi kendaraan baik mesin, rem, roda, oli, lampu atau komponen lainnya yang ada di kendaraan itu. Kedua walaupun sudah ada google maps tetep kita harus menyiapkan rute atau jalur. Ketiga jangan terlalu membawa barang berlebihan, itu sangat berbahaya,” kata dia.

 

Baca: Subhanallah, Pandeglang Asli! Juara 1 Qari Cilik Indonesia Sesion 2 Diraih M. Rizki Al Fadhil

 

Baca: Antisipasi Arus Mudik dan Libur Lebaran, Polres Pandeglang Siapkan 40 Pos Gatur

 

Menurut dia, membawa barang berlebihan akan meningkatkan risiko kecelakaan di jalan. Langkah selanjutnya atau yang keempat, lanjutnya, menjaga kondisi tubuh dan pastikan bahwa tubuh kita sedang prima. Kelima, tidur yang cukup sebelum berangkat.

 

“Selanjutnya gunakan perlengkapan kendaraan yang aman. Bukan cuma nyaman tapi harus aman seperti helm, sepatu, jaket, sarung tangan atau peralatan yang lain yang bisa mengamankan badan kita, terutama jas hujan,” bebernya.

 

Langkah yang tidak kalah penting, yakni selalu mentaati etika berkendara, tidak emosi saat membawa kendaraan dan dapat mengendalikan motor dengan baik dan aman.

 

“Untuk roda empat hampir sama sebetulnya, bijak membawa barang dan penumpang, jangan berlebihan sesuai kapasitas. Terus pastikan bahan bakar, khawatir di tengah jalan gak ada pom bensin. Terakhir baik roda dua maupun roda empat tetap sebelum melakukan perjalanan jangan lupa baca doa,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.