6 Kecamatan di Pandeglang Diprediksi Bakal Alami Kekeringan

Ilustrasi kekeringan.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sebanyak enam Kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Banten, diprediksi akan mengalami bencana kekeringan. Hal ini menyusul adanya prediksi kemarau panjang dampak dari El Nino.

 

El Nino sendiri adalah fenomena alami yang terjadi ketika suhu permukaan air di Samudra Pasifik Tengah dan Timur menjadi lebih hangat dari biasanya. Hal ini menyebabkan perubahan pola cuaca global yang dapat berdampak signifikan pada iklim di beberapa Negara.

 

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran (BPBD-PK) Kabupaten Pandeglang, enam kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Saketi, Pandeglang, Sobang, Patia, Sukaresmi, dan Pagelaran.

 

Puluhan desa yang tersebar di enam kecamatan tersebut berpotensi mengalami kekurangan air bersih saat musim kemarau mendatang.

 

Plt Kepala BPBD-PK Kabupaten Pandeglang, Hasan Basri mengatakan, minggu ketiga bulan Mei 2023, diprediksi akan terjadi bencana kekeringan di Kabupaten Pandeglang.

 

“Berdasarkan prakiraan BMKG, minggu ketiga bulan Mei ini akan ada musim kekeringan,” kata dia seperti dikutip rri.co.id.

 

Baca: Pandeglang Kembali Didaulat Tuan Rumah Kejurnas Motocross 2023

 

Baca: Awasi Proses Pendaftaran Bakal Caleg, Bawaslu Ingatkan KPU Hal Ini

 

Dia menyebut, enam kecamatan di Pandeglang diprediksi akan mengalami kekeringan akibat El Nino. Untuk mengantisipasi hal ini, pihaknya mengaku telah menyiapkan sejumlah langkah, diantaranya dengan bekerjasama dengan Perusahaan Umum Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Berkah Pandeglang untuk pasokan air bersih.

 

“Kita akan bekerjasama dengan Perumdam dan menyiapkan dua mobil tangki air. Kemudian menurunkan peralatan untuk kesiapan apabila terjadi dampak bencana kekeringan dan sebagainya,” ujarnya.

 

Ia menerangkan, pihaknya juga telah berkoodinasi dengan sejumlah Kecamatan maupun Kelurahan/Desa terkait antisipasi El Nino atau musim kemarau.

 

“Kita sudah mengevaluasi sarana dan prasarana BPBD Kabupaten Pandeglang dari personel dan peralatan, kita akan siap mensuplai air bersih atau air minum ke lokasi dampak kekeringan,” imbuhnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.