Rizki Natakusumah: Fraksi Partai Demokrat DPR RI Minta Penyusunan RAPBN 2024 Dirasakan Seluruh Masyarakat

Anggota DPR RI, Rizki Natakusumah, menyampaikan pandangan Fraksi Partai Demokrat dalam Rapat Paripurna ke-24 Masa Sidang V Tahun Sidang 2022-2023 di Gedung Nusantara II, Selasa (23/05/2023).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Rizki Natakusumah (RN), meminta pemerintah dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024, untuk fokus pada pencapaian target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024.

 

“Fraksi partai Demokrat siap mendukung setiap kebijakan pemerintah terkait transformasi ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah selama program-program yang dilaksanakan mampu memenuhi unsur-unsur keadilan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta hasil-hasil pembangunan infrastrukur dapat dimanfaatkan dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat di Indonesia,” kata dia saat menyampaikan pandangan Fraksi Partai Demokrat atas Kerangka Ekonomi Makro dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (KEM dan PPKF) RAPBN Tahun Anggaran 2024, dalam Rapat Paripurna ke-24 Masa Sidang V Tahun Sidang 2022-2023, Selasa (23/05/2023).

 

Seperti dikutip www.dpr.go.id, RN mengatakan, APBN harus menjadi agen perubahan untuk mewujudkan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia melalui perbaikan akses dan layanan pendidikan serta kesehatan.

 

“Program perlindungan sosial dan subsidi harus lebih ditekankan agar efisien, tepat sasaran dan responsif sehingga mendukung program pengurangan kemiskinan ekstrem. Perbaikan basis data penerima merupakan pekerjaan besar yang perlu dilakukan pemerintah,” ujarnya.

 

Politisi Dapil Banten I ini mengingatkan tahun 2024 merupakan tahun politik. Untuk itu, Fraksi Partai Demokrat memastikan agar pemerintah dapat tetap fokus untuk kepentingan rakyat dan keberlanjutan skala prioritas.

 

Baca: Pecinta Adventure Trail Siap-siap, 27 Mei Ada Event di Munjul

 

Baca: 110 Pejabat di Lingkup Pemkab Pandeglang Dilantik, Tekankan Pelayanan kepada Masyarakat

 

Menurut dia, pemerintah perlu melakukan penyesuaian anggaran untuk mempersiapkan pengamanan jelang pemilu 2024.

 

“Dalam hal ini, automatic adjustment dalam anggaran dapat dilakukan, namun jangan sampai keberlanjutan program prioritas menjadi terganggu dan tidak terarah,” ucap dia.

 

RN menekankan, kebijakan yang pro pertumbuhan, pro kemiskinan, pro-lingkungan dan pro penciptaan lapangan kerja harus senantiasa menjadi rujukan dan dasar pemerintah dalam menyusun setiap program yang dilaksanakan.

 

“Fraksi partai Demokrat akan senantiasa mendukung segala kebijakan yang berpihak kepada rakyat untuk keluar dari jurang kemiskinan dan meningkatkan kualitas SDM melalui pemerataan akses dan layanan pendidikan serta kesehatan,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.